Virus Misterius Serang Khusus Lelaki Warga Bulukerto

0 156
Pengambilan sampel darah oleh petugas Puskesmas Bulukerto
Pengambilan sampel darah oleh petugas Puskesmas Bulukerto

infowonogiri.com – BULUKERTO – Belakangan ini, terdapat virus misterius yang menyerang warga penduduk di Dusun Ketonggo Desa Krandegan Kecamatan Bulukerto. Anehnya virus tersebut husus menyerang kaum laki-laki dewasa. Sedikitnya terdapat 10 lelaki dewas terserang.

Sampai Kamis (13/6) siang kemarin, belum diketahui jenis virusnya maupun nama penyakitnya, dan belum diketahui pula obatnya. UPT Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri menerjunkan tim, untuk meneliti faktor penyebab kejadian penyebaran virus tersebut.

Menurut Kepala UPT Puskesmas Bukukerto, Sugiyarno, mengemukakan gejala penyakit tersebut, penderita merasakan perutnya mual, wajahya pucat dan bola matanya berwarna kekuning-kuningan “Rasanya mual, muka pucat dan mata kuning,” kata Sugiarno (42).

Dijelaskan, tim medis yang diterjunkan untuk melakukan penelitian, menemukan 10 orang warga setempat menderita sakit dengan gejala yang sama. Kemarin mereka telah dirawat RS Amal Sehat Slogohimo, dan di RS Medika Mulya Ngadirojo.

Petugas DKK, Tri Endaryani (30) memerkirakan kemungkinan warga Ketonggo terserang virus hepatitis A. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Virus hepatitis A bisa bersumber dari air atau makanan.

“Kami sudah mengambil sempel darah penderita dan yang tidak sakit dalam satu rumah. Juga mengambil sempel air yang digunakan dari mata air yang berada di Dusun Kempul Desa Conto dan air yang berasal dari sumur bor,” terang Tri Endaryani. Selanjutnya, sempel air dan darah akan dikirim ke Jogjakarta untuk diteliti.

Sementara Irna (35), bidan Desa setempat awalnya berpendapat, bawha penyakit yang diderita oleh 10 orang lelaki warga Bulukerto mirip dengan gejala tipus. Karena itu ia menganjurkan agar memeriksa ke RS Amal Sehat Slogohimo. Setelah diobati dengan obat tipus, tidak ada reaksi.

Lalu darah penderita diambil untuk dicek negatif B. “Bisa kemungkinan terjadi hepatitis A. Bisa juga hepatitis C.

Lurah Dusun Ketonggo Giyono (50) mengatakan sumber air yang berada di Dusun Kempul Desa Conto Kecamatan Bulukerto tidak ditutup dengan baik. Sehingga banyak kotoran yang masuk. Di wilayah setempat juga terdapat banyak hewan liar, terutama kera.

Sedangkan Sutar (59) penderita yang tinggal di Dusun Ketonggo RT 03 RW 03 Desa Krandekan ini, mengaku awalny ia merasakan pusing mual dan lemes. Demikian juga yang dirasakan oleh Rudi (34), menantunya Sutar Prihananto (35).

Namun anehnya istri Prihananto, Anita (33) dan istri Sutar, Harsi (53) tidak mengalami gejala yang sama. Intinya warga yang berjenis kelamin perempuan sehat wal afiat. Harapannya virus ini segera dapat ditemukan penyebabnya dan obatnya. Sehingga penduduk setempat hidup sehat.[Rama]

error: Content is protected !!