Tiwul Ayu Wonogiri Dipamerkan Di Anjungan Jateng TMII

1 141
Tiwul Ayu Wonogiri Dipamerkan Di Anjungan Jateng TMII
Tiwul Ayu Wonogiri Dipamerkan Di Anjungan Jateng TMII

infowonogiri.com – JAKARTA –  Kabupaten Wonogiri Wonogiri menjadi salah satu Festival Kuliner se Jawa Tengah yang diselenggarakan mulai tanggal Sabtu (22/6) hingga Minggu (23/6) di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Salah satu produk unggulan Kabupaten yang terletak di sisi selatan Jawa Tengahg ini adalah penganan berbahan baku tepung singkong, Tiwul Ayu.

Tiwul Ayu yang disajikan telah dikemas menjadi berbentuk panganan roti. Bahan baku 100 % dari ubi kayu dengan komposisi : Tepung mocaf,  Gula Jawa, Telur,Margarin dan Kelapa.

Menurut Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Wonogiri, Safuan, bahwa Tiwul Ayu ini dibuat oleh Ibu Yadi warga Jl. Ahmad Yani 143 Kerdu Kepik Wonogiri. “Sampai saat ini makanan khas tiwul menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan lumayan,” kata Safuan.

Sejumlah pengunjung stan mencicipi Tiwul Ayu khas Wonogiri. Menurut komentar mereka, roti yang diproduksi dari bahan baku thiwul i8tu rasanya enak, tidak kalah dengan roti dari bahan baku lainnya. “Wah rasanya luar biasa, enak juga ya. Bahkan rasa ubi nyaris tidak terasa,” ujar salah satu pengunjung usai memakan salah satu kue berbahan singkong.

Dalam Festival Kuliner kali ini, selain memamerkan Tiwul Ayu, produk unggulan dari kota gaplek juga ditampilkan. Antara lain Geti Wijen, Emping Jagung Girimarto, Kacang Mete, Brem Nguntoronadi, Ampyang, Walangan, Lempeng Singkong, Abon Sapi, Srundeng, Criping Singkong, Kacang Sangray, Enting-enting, Stick Tapioka, Tepung Mocaf dari Paranggupito.[Redaksi]

error: Content is protected !!