Tiga Anak Kakak Beradik Keracunan Singkong Satu Tewas

0 116
Pohon SIngkong Pandemir
Pohon SIngkong Pandemir

infowonogiri.com – JATRISRONO – Tiga anak anak kakak beradik dilarikan ke rumah sakit Brastomolo Jatisrono diduga akibat keracunan pasca memakan singkong goreng. Satu anak berakhir meninggal dunia karena tidak tertolong. Korban meninggal adalah bernama Mardu berumur 3,5 tahun, anak ke 10 dari pasangan Satiman dan Kasni warga Dusun/Desa Jatisari Kecamatan Jatisrono.

Sedangkan dua anak korban yang berhasil diselamatkan adalah Wisnu (5) dan Yuli (13). Wisnu adalah kakak kandung Mardu. Sedangkan Yuli adalah kerabatnya. Peristiwa tersebut terjadi sepekan lalu, tepatnya Sabtu (8/6) silam. Kepala Desa Jatisari, dikonfirmasi pada Jumat (14/6) sore membenarkan kabar musibah itu. “Ya, betul, itu terjadi pekan lalu,” katanya.

Diceritakan, ketiga anak tersebut memanen singkong di pekarangan desa setempat, tampa sepengetahuan kedua orang tuanya. Sebab kedua orang tuanya tengah bekerja buruh tani di sawah. Samapai di rumah singkong tersebut dimasak dengan cara digoreng menggunakan minyak goreng. Setelah memakan singkong goreng tersebut, mereka merasakan nek pada perutnya.

Kedua anak yaitu Mardu dan Wisnu langsung merasakan sakit kepala, mual-mual, hingga taksadarkan diri. Sedangkan Yuli tidak mengalamai hal yang sama, dimungkinkan karena hanya mencicipi secuil. Sedangkan dua anak kakak beradik itu memakan lahap sampai beberapa batang. Oleh Yuli, kejadian itu dilaporkan ke tetangganya. Lalu dilarikan ke RS Brastamala.

Wisnu berhasil memuntahkan makanan singkong dari perutnya. Sedangkan Mardu gagal memmuntahkannya. Sehingga akhirnya Mardu meninggal dunia pada malam harinya. Sedangkan Wisnu berhasil diselamatkan. Teguh mengemukakan, kemungkinan singkong yang digoreng sejenis singkong panderin atau pandermen. Dikenal sebagai singkong beracun.
Teguh menambahkannya, bahwa Satiman dan Kasni adalah pasangan keluarga besar. Memiliki 10 anak, namun berlatar belakang ekonomi lemah. Dua diantara ke 10 anaknya telah meninggal dunia. Anak yang meninggal kali ini, yaitu Mardu adalah anak nomor 10 alias yang terkecil alias ragil. Sedangkan satunya meninggal dua tahunan silam.[Eka]

error: Content is protected !!