Pagelaran Keraton Art Festival ke-5

0 32

Halaman depan Keraton Kasunanan Surakarta Hadingrat
Halaman depan Keraton Kasunanan Surakarta Hadingrat

infowonogiri.com – SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menggelar Keraton Art Festival (KAF) di Siti Hinggil keraton setempat pada Rabu-Kamis (12-13/6). Festival itu sengaja dilakukan untuk mempromosikan produk kesenian yang dimiliki Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningkrat kepada masyarakat. Selain itu juga sebagai salah satu bentuk untuk melestarikan kesenian keraton.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Widdi Srihanta, karena tahun ini Pemkot tidak bisa menyelenggarakan, Keraton Art Festival akhirnya diselenggarakan oleh keraton. Meski demikian, upaya Pemkot untuk melestarikan kesenian itu, penyelenggaraan KAF digelontor dana APBD sebesar Rp70 juta. “KAF ini adalah sebagai bentuk pelestarian kebudayaan Jawa khususnya kesenian keraton,” katanya dalam acara jumpa pers bersama dengan wartawan di kantor Disbudpar setempat, Senin (10/6).

Festival yang diselnggarakan selama dua hari dimulai pada pukul 19.30 WIB ini akan menampilkan tarian alsi keraton dengan dibawakan siswa pawiyatan kebudayaan, wayah (cucu) Paku Buwono (PB) XII dan PB XIII. Tema yang diusung dalam festival itu lebih pada dominasi karya dan ciptaan PB IV dan V. Tarian ini akan dibawakan langsung oleh Kanjeng Raden Mas Haryo (KRMH) Suryo Suryasmono, KRMH Bobbi Manik Moyo, KRMH Bimo Jaya Adilogo, KRMH Herbanu, BRA Lung Ayu, KRMH Surya Sriyono dan lain-lainnya.

“Semua ini memang yang tampil wayah-wayah dari PB XII dan XIII. Tarian ini akan diiringi dengan gamelan Kyai Suerakarta ciptaan PB IV. Jadi, KAF tahun ini lebih didominasi wayah-wayah PB IV dan V. Karena semua karya tari ini semuanya dari ciptaaan PB IV dan V,” kata sekretaris panitian Keraton Art Festival, Daryono.([email protected])

error: Content is protected !!