Mencari Jejak Manusia Purba Di Pracimantoro

0 259
Mencari Jejak Manusia Purba Di Pracimantoro
Mencari Jejak Manusia Purba Di Pracimantoro

infowonogiri.com – PRACIMANTORO – Gugusan Goa-goa Karst  yang berada di jajaran Pegunungan Seribu Pracimantoro Wonogiri, diyakini terdapat Artefak yang merupakan peninggalan Manusia Purba. Yang sebenarnya juga telah lama dituangkan dalam Hipotesis para Arkeolog bahwasannya di Goa-goa Karst Wonogiri juga terdapat fosil-fosil peninggalan Manusia Purba puluhan ribu tahun yang lalu, seperti juga yang telah pernah diteliti di Kabupaten Pacitan dan Wonosari ( Gunung Kidul ).Namun bukti-bukti fisik yang mendukung untuk itu belumlah ada, hingga sampai saat ini dapat dikatakan masih dalam praduga.

Berawal dari petugas Staf Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga ( Disbudparpora ) Kabupaten Wonogiri, Bidang Kesejarahan dan Nilai Tradisional Kebudayaan, dalam melakukan Inventarisasi Cagar Budaya, menemukan sebuah benda menyerupai sebuah pisau yang terbuat dari tulang pada bulan Juni 2012 lalu di Goa Song Gilap. Untuk selanjutnya benda temuan tersebut dikirimkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya ( BPCB ) Jawa Tengah, ujar Gunar seorang staf Disbudparpora Kabupaten Wonogiri kepada Wartawan disela-sela Tim  dari  BPCB dan para Arkeolog dari Universitas Gajah Mada ( UGM ) melakukan penggalian di Goa Song Gilap Dusun Donggala Desa Gebangharjo Pracimantoro. Beliau juga menuturkan bahwa pada Medio tahun 2004 – 2005, Warga sekitar Goa  yang melakukan penambangan di Goa tersebut pernah menemukan Tengkorak. Namun tidak dilaporkan.

jejak manusia purba3Berdasarkan temuan-temuan tersebut, maka Tim BPCP Jawa Tengah bersama para Arkeolog Universitas Gajah Mada ( UGM ) melakukan penggalian atau Ekskavasi.( Tim terdiri dari  6 orang dari BPCP Jawa Tengah, 1 Dosen dan 4 Mahasiswa dari UGM, 1 dari Dinas Disbudparpora Kabupaten Wonogiri, serta 3 warga sekitar ).

Tim mulai melakukan penggalian pada hari Senin ( 24/6)  dan direncanakan berakhir nanti pada hari Sabtu ( 29/6 ). Ketua Tim  Ekskavasi/Penggalian  Sugeng Widodo menuturkan, sampai hari ke 4 ( 27/6 ) ini, kami telah menemukan tulang-tulang “Macaca” ( sebangsa kera ), Cangkang Kerang, Batu-batu Arang yang telah menjadi Fosil Sampai saat ini Kamis ( 27/6 ) petak-petak penggaliannya telah berjumlah 6 petak, dan penemuan terakhir hari ini adalah Tulang Gigi serta peralatan untuk menghaluskan/menumbuk yang terbuat dari batu ( Spatula ).[Djarot]

error: Content is protected !!