Masyarakat Giriwoyo Butuh Informasi Soal Pembangunan Pabrik Semen

0 58
Jalan Pertigaan Giriwoyo
Jalan Pertigaan Giriwoyo

infowonogiri.com – GIRIWOYO – Sejumlah warga Kecamatan Giriwoyo, Kecamatan Wonogiri meminta agar segera disosialisasikan  rencana pendirian pabrik semen di wilayah setempat. Harapannya agar masyarakat dapat mengetahui secara jelas maksud dan tujuan pembangunan pabrik semen itu. Selama ini masyarakat mengaku tidak mendapatkan informasi yang jelas.

Akibat simpangsiurnya informasi yang beredar, membuat masyarakat kebingungan. Sehingga terjadilah pendapat yang berbeda. Ada yang setuju pembangunan semen di wilayah setempat. Namun ada yang tidak setuju, bahkan menolak rencana pembangunan pabrik semen tersebut.

Hal tersebut dikemukakan oleh Camat Giriwoyo, Sariman kemarin. Sariman mengatakan Rencana Detail Tata Ruang Kecamatan (RDTRK) Giriwoyo masih dalam pembahasan. Karena itu belum disosialisasikan. “RDTRK masih dalam pembahasan, sehingga kami belum mensosialisasikan,” katanya.

Meski demikian, sudah ada sebagaian kelompok kecil masyarakat yang telah menyampaikan aspirasi mengenai rencana pembangunan pabrik semen. Antara lain dilakukan pada tanggal 29 Mei silam. Beberapa warga mendatangi kantor Bupati dan DPRD Wonogiri. Mereka mengaku khawatir penambangan semen itu akan merusak lingkungan dan mata air.

“Tetapi mereka yang datang tidak banyak, dan sebagian banyak bukan warga asal Giriwoyo,” kata Sariman. Selanjutnya pada 30 Mei, sejumlah Kepala Desa (Kades), dan perangkat desa, dan tokoh masyarakat juga menyampaikan aspirasinya. Antara lain dari Desa Ngancar, Sejati, Tirtosuworo, Guwotirto, dan Kelurahan Girikikis kecamatan Giriwoyo.

Kelompok ini justru mendesak agar pabrik semen segera direalisasikan. “Para perangkat dan tokoh masyarakat yang datang berjumlah 55 orang. Mereka meminta agar pabrik semen segera dibangun. Tentunya harus dengan perangkat perizinan yang komplit,” ujarnya.

Pada 9 Juni, Camat Giriwoyo kembali didatangi 43 orang perangkat desa dan tokoh masyarakat dari Desa Tirtosuworo, Giritirto, dan Kelurahan Girikikis. Mereka mendorong agar pabrik semen segera direalisasikan. Alasannya, keberadaan pabrik akan mampu mengangkat perekonomian rakyat, membuka peluang kerja, dan menaikkan harga tanah.

“Dari ketiga desa itu, hanya Dusun Balesari Desa Guwotirto yang belum menyatakan setuju. Sebab, mereka tidak tahu bagaimana teknisnya. Mereka khawatir nanti akan menimbulkan polusi, merusak mata air, harus bedol desa, dan berbagai pertanyaan lainnya,” imbuhnya.

Warga berharap Bupati Wonogiri dan PT Ultratech Minning Indonesia selaku calon investor melakukan sosialisasi. Agar masyarakat lebih jelas mengetahui maksud dan tujuannya, apa yang akan dikerjakan, dan bagaimana dampak industri tersebut. Masyarakat perlu mendapat informasi tentang perusahaan itu secara jelas'[Bagus]

error: Content is protected !!