Kiswantinah Guru Berprestasi Tingkat Jawa Tengah Dari Desa Jatiroto

0 80
Kiswantinah S.Pd
Kiswantinah S.Pd

infowonogiri.com – JATIROTO – Cantik anggun dan lembut. Itulah penampilan sehari hari Kiswantinah S.Pd (50) seorang guru SD Negeri 3 Jatiroto. Kiswantinah saat ini bertempat tinggal di Dusun Janggan RT 01 RW 01 Desa/Kecamatan Jatiroto bersama dua anaknya. Anak pertama Agustin Ratriana, SE (28) Pegawai Inspektorat Kabupaten Wonogiri. Ke dua Agusta Dian Andita (23) sedang menempuh pendidikan perguruan tinggi.

Di balik keanggunan dan kelembutannya, ternyata guru berparas ayu ini tergolong perempuan energik. Buktinya perempuan bergelar sarjana pendidikan (SP.d) ini berhasil meraih predikat sebagai guru Sekolah Dasar (SD) Terbaik tingkat Kabupaten Wonogiri, pada tahun 2013. Tidak hanya itu, pada tahun yang sama, Kis –panggilan Kiswantinah- berhasil meraih Juara II Guru SD/MI Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dengan penuh hormat, keberhasilan yang telah diraih saat ini tidak lain berkat bimbingan seniornya. Adalah Kepala Sekolah SD Negeri 3 Jatiroto Paiman, S.Pd, M.Pd.

“Apa yang telah saya raih ini, bekat bimbingan dan arahahan beliau Bapak Kepala Sekolah SD Negeri 3 Jatiroto Pak Paiman SPd, MPd,” kata mantan pemain bola volly Wonogiri ini. Sebagai guru senior, tentu, Kis sudah banyak mengantarkan alumni siswa-siswi SD Negeri 3 Jatiroto berprestasi, baik dalam bidang akademik, agama maupun dunia usaha.

Kis menceritakan, penilaian guru yang berprestasi dalam ajang tingkat Kabupaten maupun Provinsi dinilai dari empat kompetensi. Yaitu kompetensi Pedagogik (sikap penyampaian dan bimbingan kepada anak), Kepribadian, Sosial dan Profesional. Materi tes yang dilombakan meliputi, Portofolio (kumpulan Karya Ilimiah), Tes Tertulis, Psycotes, Presentasi Karya Ilmiah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dan Wawancara.[N420]

error: Content is protected !!