Jemani Mulai Menggeliat Lagi

0 102

Tanaman Hias Jemani

infowonogiri.com – BULUKERTO  – Masih terngiang-ngiang di telinga kita. Dulu, tanaman kembang bernama Jemani ramai dibicarakan orang. Tidak hanya itu, tanaman rumpun antorium ini pun diburu banyak orang. Baik untuk dikoleksi sendiri, maupun untuk dikembangbiakkan.

Bisa dikatakan antorium menjadi idola masyarakat pecinta tanaman. Meski harganya mahal tetap diburunya. Bagi penggemar jemani, tanaman tersebut memiliki daun yang indah. “Satu batang jemani berusia seminggu-dua minggu dan baru berdaun saja mampu menenbus jutaan rupiah,” kata Sukadi (32) pecinta jemani warga Bulukerto.

 

Di antara tanaman bunga-bungaan yang laku dengan harga mahal antara lain Antorium, Gelombang Cinta, Hokeri, dan Jemani. Saking mahalnya bisnis tanaman itu banyak kejadian aksi pencurian bunga oleh pelaku kriminal. “Namun tiba tiba semua sirna seperti permainan para pengusaha, tinggal cerita,” ujar Mujiyono (43) pedagang bunga di Bangsri Kecamatan Purwantoro.

 

Belakangan ini mulai awal Mei sampai Juni ini tanaman Jemani mulai ngetren kembali. Harganya lumayan tinggi. Tetapi kalah jauh jika dibandingkan dengan harga tiga tahun silam. Endra (25) warga Desa Nadi Kecamatan Bulukerto, yang sekarang berdomisili di Klaten ini, mengakuinya mulai berburu. Antara lain jemani jenis cobra dan jenis mangkok. “Saat ini jemani bertongkol yang baru diburu,” katanya. (Rama)

error: Content is protected !!