Desa Jatimarto dan Girimarto Dikunjungi Tim Propinsi Bangka Belitung

0 54

wonogiriinfowonogiri.com – GIRIMARTO – Tim Kelompok Kerja (Pokja) Profil Desa dan Kelurahan di Propinsi Bangka Belitung (Babel) berkunjung ke Desa Jatimarto Kecamatan Ngadirojo dan Desa Girimarto Kecamatan Girimarto, Rabu (5/6) kemarin.

Sebelum ke kedua desa itu, terlebih dahulu romongan disambut oleh para Staf Ahli Bupati Wonogiri dan Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Wonogiri, Drs. Edi Sutopo, M.Si, di ruang data Sekda Pemda Wonogiri.

Tim berjumlah 35 orang. Terdiri dari 20 orang dari Pokja Desa/Kelurahan dan 10 orang Pokja Bapermas Propinsi Babel. Mereka bertujuan untuk menimba ilmu di Wonogiri dalam rangka penyusunan profil Desa dan Kelurahan.

“Kami dengar Kabupaten Wonogiri cukup baik di bidang Profil Desanya,” kata Drs. Tarmin, M.Si, Kepala Bapermas Propinsi Babel saat menyampaikan maksud kunjungannya. Ia menyadari, Propinsi Babel adalah propinsi yang masih muda, yang baru terbentuk tahun 2000. Luas wilayah daratan 16.424,61 km2. Jumlah penduduk kurang lebih 1 juta jiwa menempati 266 Desa dan 54 kelurahan.

Edi Sutopo mewakili Bupati Wonogiri menyampaikan Pemkab Wonogiri telah melaksanakan kegiatan Penyusunan Desa/Kelurahan sejak 2008. “Desa Girimarto Kecamatan Girimarto  menjadi Nominasi Lomba Desa Tingkat Nasional Tahun 2011. Desa Jatimarto Kecamatan Ngadirojo merupakan salah satu dari 4 desa yang dijadikan lokasi lab site Pembangunan Desa Terpadu oleh Kemendagri tahun 2011”, terangnya.

Dasar pelaksanaan Penyusunan Profil ini adalah Permendagri Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pemberdayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan. Setiap Desa/Kelurahan harus membuat profil desa dan kelurahan, untuk mengetahui potensi dan tingkat perkembangan desa/kelurahan yang akurat, komprehensif dan integral.

Dijelaskan bahwa Profil Desa dan Kelurahan merupakan gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, potensi SDA, SDM, Kelembagaan dan permasalahan yang dihadapi desa dan kelurahan.

Data potensi ini akan diukur dan analisis untuk menentukan tingkatan potensi umum, potensi pengembangan, tipologi desa dan kelurahan. Hasil skoring nanti akan menentukan tipologi desa dan kelurahan.

Ada 9 tipologi Desa/Kelurahan dalam Permendagri. Yaitu tipologi desa/ kelurahan Persawahan; Perladangan, Perkebunan, Peternakan, Nelayan, Pertambangan/Galian, Kerajinan dan Industri Kecil, Industri Sedang/Besar, Jasa dan Perdagangan. Para tamu juga berkesempatan mengunjungi Desa Jatimarto, Ngadirojo untuk menyaksikan langsung proses pengolahan dan penyusunan profil desa/kelurahan.[Bagus]

error: Content is protected !!