Dana Rp.10 Milyar Untuk Pembangunan Tahap II

0 36
Pojok kantor terminal Tipe A Selogiri tampak ada genangan
Pojok kantor terminal Tipe A Selogiri tampak ada genangan

infowonogiri.com – WONOGIRI – Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informastika (Dishubkominfo) Ismiyanto melalui Kabid TSP Sentot Winarko mengemukakan, sedianya pembanguan Terminal Tipe A di Krisak Selogiri dimulai awal Juni ini, akan tetapi terjadi penundaan karena proses lelang mundur.

Sentot mengemukakan, rencana pembongkaran Terminal Krisak akan dimulai pada 20 Juni mendatang. Pedagang Terminal Krisak akan direlokasi ke Kios Sementara di Terminal Tipe A. “Kamis udah membangun Kios Sementara sebanyak 20 Unit,” ujar Sentot.

Dibongkarnya Terminal Krisak, karena pembangunan Terminal Tipe A Tahap II sudah harus dimulai pertangahan tahun 2013 ini. Anggarannya Rp.10 Milyar sudah siap. Rinciannya Rp.5 Milyar dari APBD Kabupaten, dan Rp.5 Milyar dari APBN.

Dana tersebut untuk membangun 75 unit kios permanen, diperuntukan bagi pedagang Terminal Krisak 20 unit, Terminal Induk Giri Adipura 55 unit. Kemudian finishing lantai 1 dan lantai 2 gedung terminal keberangkatan, pembangunan tower air, pengerasan terminal angkuta sisi timur.

Juga untuk membangun Koridor Selasar, pengadaan jaringan listrik di sekitar terminal, kios singgle, kios doble, MCK dan kamar mandi, serta pekerjaan pembangunan loket D, Peron. “Pekerjaan akan dimulai dengan merelokasi 20 kios, kami dibatasi waktu sampai dengan 20 Juni ini,” katanya.

Selain memindahkan ke 20 pedagang, Kabit TSP juga mempunyai tugas untuk memindahkan seluruh moda angkutan dari Terminal Krisak ke Terminal Tipe A yang baru. Sentot berharap, seluruh keluarga Terminal Krisak mendukungnya. Sehingga pelaksanaan pembangunan teminal Tipe A dapat berjalan lancar dan aman.

Pembanguan terminal Tipe A ini telah dimilai sejak tahun 2009 silam. Total telah menghabiskan dana Rp.22 Milyar. Tahun ini mendapatkan alokasi dana Rp.10 Milyar dari APBD Kabupaten dan APBN.

Tahun 2014 mendatang telah dianggarkan Rp.14,9 Milyar untuk pembangunan pagar keliling, penerangan jalan, lima gapura, peninggian jalan terminal, emplasemen, taman terbuka hijau, trotoar, area parkir, penitipan kendaraan, masjid, fasilitas lain, generator set, dan sistem informasi berbasis IT.[Bagus]

error: Content is protected !!