72 Calhaj Wonogiri Terancam Dibatalkan Tahun Ini

0 43

Ilustrasi
Ilustrasi

infowonogiri.com – WONOGIRI – Sebanyak 72 calon jamaah haji dari Kabupaten Wonogiri tahun 2013 berpotensi gagal berangkat ke Tanah Suci. Sebab, nama mereka termasuk dalam daftar calon yang harus dibatalkan seiring adanya pengurangan kuota haji dari Pemerintah Arab Saudi.

Rencannya, 72 calon haji tersebut akan diikutkan dalam rombongan haji tahun 2014 mendatang. Hal itu dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri Safrudin melalui Kasi Haji H. Ali Yatiman. Kemarin pagi (21/6), dia mengaku baru menerima surat dari pemerintah pusat yang isinya adalah serangkaian kriteria tentang calon haji yang keberangkatannya harus dibatalkan.

“Kriterianya di antaranya calon berusia di atas 75 tahun, memiliki penyakit kronis, harus berkursi roda dan harus menggunakan tongkat untuk berjalan. Yang sesuai kriteria dan harus dibatalkan ada 72 orang. Kuota kami semula 402 calon haji berpeluang besar berkurang 72 orang itu,” katanya.

Pihaknya kini sedang merumuskan cara menyampaikan hal tersebut kepada 72 calon haji itu. Dia memprediksi informasi itu  rentan memunculkan persoalan. “Kami tahu ini akan sangat mengecewakan. Tapi, kami tidak bisa berbuat banyak. Kami mohon maklum.

Ini kebijakan dari Arab Saudi. Kami pasti akan segera memberitahukan itu. Sebab, waktu yang tersisa sangat mepet. Tangal 10 September nanti, kloter pertama sudah harus masuk asrama. Tanggal 1 Juli nanti ada manasik masal. Sebelumnya, harus sudah kami beritahukan,” tambahnya. Safrudin mengatakan 72 calon haji yang bisa dipastikan gagal berangkat tahun ini, solusinya akan diikutkan haji tahun 2014 mendatang. Saat ini, 71 calon haji itu sudah melunasi biaya haji.[Bagus]

 

 
 
error: Content is protected !!