Terbukti Korupsi Mantan Kades Jaten Divonis 3,6 Tahun

0 36

edi brotoinfowonogiri.com – SEMARANG – Terdakwa kasus tindak pidana korupsi dana kas Pemerintahan Desa Jaten Kecamatan Selogiri, Edy Broto Mulyono divonis 3,6 Tahun. Terdakwa dinyatakan terbukti melanggar pasal 2 UU Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

 Vonis tersebut lebih rendah dibandingkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Wonogiri yang menuntut 5,6 Tahun penjara.  Vonis dijatuhkan majlis hakim tindak pidana korupsi di Pengadilan Tipikor Semarang, kemarin. Sidang dipimpin oleh Ketua Majlis Suyadi. Vonis tersebut belum ada keputusan tetap. Karena kedua belah pihak menyatakan banding.

Kepala Kejaksaan Negeri Wonogiri Muhaji melalui Kasi Pindus Sucipto dan Kasi Intel Rachmat Zahri mengemukakan, pihaknya mengajukan banding karena vonis yang dijatuhkan majlis hakim kurang dari dua pertiga tuntutan yang disampaikan.

“Selain itu, terdakwa kita kenakan pasal 3 UU Tipikor. Sedangkan majlis hakim mengenakannya dengan pasal 2 UU Tipikor,” kata Sucipto. Sebaliknya terdakwa melalui penasehat hukumnya menyatakan, yang sebelumnya juga berencana banding, membatalkan banding.

“Kami tidak jadi banding. Itu sudah kesepakatan keluarga terdakwa,” kata EB Normansyah by phone, Selasa (7/5) petang. Selain berpeluang akan menjalani pidana penjara selama 3,5 tahun, terdakwa juga terancam harus membayar denda Rp.75 juta.

Jika tidak mampu membayar denda, maka terdakwa harus menjalani pidana penjara tambahan selama 3 bulan. Namun jika yang bersangkutan mampu membayar denda Rp.75 juta, dan mampu membayar kerugian negara Rp.137.126.035,- maka terdakwa tidak perlu menjalani penjara.

Edy Broto Mulyono ditahan Kejaksaan Negeri Wonogiri sejak 30 Januari 2013 silam. Edi Broto ditahan didakwa mengorupsi uang kas desa Rp 137 juta. Sebelumnya selama penyidikan polisi hampir setahun, Edy tidak ditahan.

Edi Broto tersandung kasus korupsi sejak perkaranya dilaporkan pada tahun 2011 lalu. Laporan tersebut menyebutkan ada beberapa proyek fiktif di desa Jaten. Edi juga dituding menggunakan dana desa untuk kepentingan pribadinya.[Bagus]

error: Content is protected !!