Syukuri Kemenangan Tanpa Pesta Berlebihan

0 46
Bupati H Danar Rahmanto melantik 91 Kades terpilih di pendopo Kabupaten Wonogiri kemarin
Bupati H Danar Rahmanto melantik 91 Kades terpilih di pendopo Kabupaten Wonogiri kemarin

infowonogiri.com – WONOGIRI-Bupati H.Danar Rahmanto dalam sambutannya mengemukakan, bawha sebanyak 91 Kepala Desa (Kades) telah dilantik dan diambil sumpah janji jabatan sebagai Kades. Karena itu ia meminta pasca pelantikan tidak perlu euforia politik secar berlebihan.

“Proses Pilkades selesai tinggalkan gesekan antar sesama calon. Jangan mengedepankan emosi, Itu menghambat proses pembangunan. Jangan melakukan uforia berlebihan. Lakukan sujud syukur saja tidak perlu pesta berlebihan apalagi sampai arak-arakan,” pesannya.

Persaingan antar calon jika tidak diakomodasi bisa mengganggu kehidupan berbangsa dan bernegara. Perpecahan segera dihimpun. Rivalitas ditinggalkan. Bersatulah. “Semoga Kades terlantik bisa menjadi pemimpin yang baik, dicintai rakyat dan tak perlu menghitung untung rugi,” katanya.

Bupati menambahkan, pada tahun 2013 ini RUU Desa akan segera disahkan, dan akan diberlakukan tahun 2014. Pemerintahan desa nanti akan mengelola dana kira-kira 4,5 % dari APBN,  sehingga per-Desa diperkirakan akan mengelola dana sekitar Rp 1 Milyar.

“Siapkan mental, lakukan perencanaan matang dan teliti. Jangan masuk ranah korupsi. Karena APBDes harus dikelola sesuai tata laksana pemerintahan, untuk itu nanti dari Setda Wonogiri akan melakukan Bintek kepada para Kades,” katanya.

Terpenting, menurutnya, visi misi para Kades yang disampaikan saat kampanye agar segera dibuktikan. Jabatan Kades itu amanat, terutama amanat dari penderitaan rakyat. Bekerjalah untuk mensejahterakan rakyat. (N420)

error: Content is protected !!