Sejumlah Pedagang Pasar Wonogiri Kota Galau

0 29
Lahan parkir di sisi selatan yang akan dibangun cor dak untuk mendirikan kios bagi pedagang PKL Wonogiri Kota
Lahan parkir di sisi selatan yang akan dibangun cor dak untuk mendirikan kios bagi pedagang PKL Wonogiri Kota

infowonogiri.com – WONOGIRI – Kelompok pedagang pasar Wonogiri Kota, yang tergabung ke dalam Arisan tanggal 25 dan tanggal 1 -setiap ban- galau. Mereka galau terhadap rencana pemerintah yang akan membangun kios di sisi Selatan Pasar Wonogiri Kota, atau di sisi Utara gedung Swalayan Luwes.

Hal itu terungkap pada rapat pertemuan arisan, Jumat malam (24/5) di RM Kemuning Pelem I Wonogiri. “Rencana akan dibangun cor beton di sisi selatan pasar, katanya akan dibangun sebanyak 21 unit kios. Kamis kemarin sudah dirapatkan,” ujar UH Suryanto mantan Ketua Perhimpunan Pedagang Pasar Kota Wonogiri (Perdasari) periode 2008-2013.

Kegalauan pedagang tampak nyata ketika kelompok ini, sebagian menyatakan mendukung dan sebagian menyatakan menolak. Pedadang yang mendukung bisa menerima rencana pemerintah dengan catatan kios yang dibangun di atas cor beton, nantinya dijual secara lelang terbuka/tertutup.

Kelompok ini menerima kabar, penjualan kios di atas bangunan baru itu nantinya akan diperuntukan khusus bagi Pedagang Kaki Lima (PKL), -seperti wacana pemerintah-. “Menurut saya kurang tepat, jika kios-kios itu nantinya diperuntukan bagi PKL, tertentu. Alasannya untuk mengalihkan PKL,” kata UH Suryanto.

UH Suryanto, juga menilai sikap Pemda tidak tegas. Buktinya, dulu secara tertulis jelas, Sekda Wonogiri menolak permohonan pembangunan kios di sisi selatan Pasar Wonogiri, yang diajukan sekelompok pedagang. “Ini tiba tiba Disperindakop dan UMKM merencanakan akan membangun kios di sisi selatan. Ada apa?” kata Suryanto.

Diperoleh jawaban, Diperindagkop dan UMKM mendapatkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp.1.080.000.000,- dari Pemerintah Pusat. Katanya kalau dana tersebut tidak diambil untuk pembangunan, maka dana DAK itu akan hangus. Suryanto juga menanyakan Perda RUTRK (Rencana Umum Tata Ruang Kota).

Tujuan Pemda yang ingin memindahkan PKL di beberapa trotoar di Wonogiri Kota, juga dinilai sebagai langkah yang belum tentu jitu. PKL di luar jantung kota juga diprediksi akan cemburu. Pasalnya pemerintah hanya menawarkan untuk PKL di sekitar Pelem dan dr Cipto saja.[Bagus]

error: Content is protected !!