Putri Indonesia 2013, Hibur Pasien Dr Moewardi Solo

0 32

Putri Indonesia 2013, Rachel Georghia Sentani saat mencontohkan cara cuci tangan yang benar pada pasien
Putri Indonesia 2013, Rachel Georghia Sentani saat mencontohkan cara cuci tangan yang benar pada pasien

infowonogiri.com – SOLO – Kedatangan Putri Indonesia 2013, Rachel Georghia Sentani ke RSUD Dr Moewardi langsung disambut histeris ratusan pasien dan masyarakat. Kedatanganya ke Solo dengan didampingi tiga pasangan Putra Putri Solo 2012 ini adalah sebagai Duta Kesehatan RSUD Dr Moewardi untuk mensosialisasikan gerakan Cuci Tangan serta memberikan contoh bagaiman cara mencuci tangan yang benar dan baik kepada para pasien dan masyarakat.

“Ini sebagai pengalaman yang menarik bagi aku, apalagi dengan terjun langsung kepada masyarakat dan pasien untuk mensosialisasikan gerakan cuci tangan yang baik dan benar,” ungkap Rachel yang menyandang sebagai Putri Indonesia Favorit Kepulauan Jawa ini.

Ia mengatakan, gerakan cuci tangan bersama tim kesehatan RSUD Dr Moewardi merupakan salah satu pengalaman yang cukup mengesankan. Pada sesi sosialisasi itu, ia juga ikut mencontohkan bagaimana cara cuci tangan yang baik dan benar bagi kalangan pasien dan perawat. Setelah itu, Rachel juga melakukan aksi keliling bangsal di rumah sakit itu.

Salah satu pasien, Kartini, 25, mengaku senang dengan kedatangan mantan Putri Solo 2010 ini. “Senang sekali kedatangan artis cantik, apalagi dia (Rachel) menyapa satu persatu pasien di bangsal rumah sakit,” katanya.

Ketua PPI RSUD Dr Moewardi, dr Dhani Redhono SpD, mengatakan tujuan sosialisasi itu adalah bentuk kepedulian rumah sakit untuk menjaga kesehatan. Selama ini kepedulian masyarakat terhadap kebersihan tangan masih rendah. Padahal tangan merupakan alat utama yang dapat menimbulkan dan mengantarkan kuman penyakit ke dalam tubuh.

“Menjaga kesehatan itu paling sederhana adalah mencuci tangan. Sehingga dengan melakukan cuci tangan yang benar ini akan dapat menjauhkan kita dari transpormasi kuman penyakit ke dalam tunuh,” jelasnya.

Dijelaskan, ada enam langkah cuci tangan yang benar, yakni pertama menggosokkan kedua telapak tangan dengan cairan pencuci tangan. Kemudian menggosokkan telapak tangan kiri di atas punggung tangan dan sebaliknya. Selanjutnya, menggosokkan kedua telapak tangan dengan jari saling menyilang dan menggosokkan ruas tangan.

Langkah keempat menggosokkan ibu jari kanan secara melingkar di dalam telapak tangan kiri yang berada dalam posisi mengepal dan sebaliknya. Terakhir, menggosokkan ujung jari secara melingkar dan sebaliknya.(bib)

error: Content is protected !!