Penetapan Kawasan Karst Wonogiri Segera Diusulkan Ke Kementrian ESDM

0 41
Salah satu kawasan Karst di Pegunungan Seribu di Sendang Wonogiri yang berbatasan dengan Sukoharjo dan Jogjakarta
Salah satu kawasan Karst di Pegunungan Seribu di Sendang Wonogiri yang berbatasan dengan Sukoharjo dan Jogjakarta

infowonogiri.com – WONOGIRI – Keberadaan kawasan karst Gunung Sewu di wilayah Kabupaten Wonogiri segera diusulkan penetapannya ke Kementerian ESDM. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 17 tahun 2012 tentang penetapan kawasan bentang alam karst.

“Kawasan bentang alam karst yang ada di Wonogiri sekitar 16.544,732 Ha dari total luas wilayah Kabupaten Wonogiri 182.236,0236 Ha,” ungkap Kepala PESDM Kabupaten Wonogiri Ir. Arso Utoro, MM saat sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD) penetapan kawasan bentang alam karst Gunung Sewu, Selasa (21/5).

Kawasan karst Gunung Sewu merupakan kawasan bentang alam berupa batu gamping yang membentang dari Wonogiri (Jawa Tengah), Wonosari (DIY) , dan Pacitan (Jawa Timur). Pemanfaatan nilai ekonomi kawasan karst ini bukan tidak mungkin akan menciptakan gesekan, singgungan, benturan, dan tarik menarik kepentingan berbagai sektor pembangunan.

“Supaya tidak ada benturan, kita harus menetapkan garis batas kawasan karst. Ini sudah kami konsultasikan ke Pemerintah Propinsi dan Pemerintah Pusat lewat badan geologi yang ada di Bandung. Tentunya setelah melewati adanya penelitian ilmiah dan akumulasi data-data yang ada,” katanya. [Bagus]

error: Content is protected !!