Penerapan Kurikulum 2013 Dilaksanakan Secara Bertahap & Terbatas

0 61

sekolah benderainfowonogiri.com – WONOGIRI – Pelaksanaan kurikulum 2013 pada Tahun Ajaran baru 2013/2014 akan dilakukan secara bertahap dan terbatas. Bertahap berarti kurikulum tidak diterapkan di semua kelas di setiap jenjang, tetapi hanya di kelas 1 dan kelas 4 untuk jenjang SD. Dan kelas 7 untuk SMP, serta kelas 10 untuk SMA/SMK. Terbatas diartikan bahwa jumlah sekolah yang melaksanakan disesuaikan dengan tingkat kesiapan sekolah.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Wonogiri, Yuli Handoko, SE saat sambutan Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Giri Kridha Bhakti Wonogiri Kamis (2/5) kemarin.

Yuli menekankan bahwa pendidikan ibarat vaksin bagi suatu penyakit. Saat ini penyakit yang menghinggapi masyarakat adalah penyakit sosial antara lain kemiskinan, ketidaktahuan dan keterbelakangan peradaban.

“Pendidikan selain sebagai vaksin sosial juga merupakan elevator sosial karena dapat meningkatkan status sosial seseorang,’ terangnya. Karena itu tema peringatan Hardiknas tahun ini, adalah “Meningkatkan Kualitas dan Akses Berkeadilan”.

“Tema ini menyiratkan bahwa layanan pendidikan haruslah dapat menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat sesuai dengan prinsip pendidikan tanpa membedakan asal-usul, status sosial, ekonomi, dan kewilayahan,” lanjutnya.

Upacara yang dihadiri para Muspida dan seluruh jajaran Dinas Pendidikan ini, juga diisi dengan penyerahan hadiah kepada para guru dan siswa berprestasi. Antara lain Ir. Drs. H. Dikin, M.Pd, Kepala sekolah SMK Negeri 2 Wonogiri sebagai juara 1 tingkat Provinsi Lomba Berwawasan Lingkungan, Agus Dwi, S.Pd Guru SMP Negeri 2 Paranggupito sebagai Juara 1 tingkat propinsi Lomba Pengayaan Sumber belajar Berbasis Blog, Supardjo, S.Pd Kepala Sekolah SLB LB Ngadirojo Juara III Lomba Guru tingkat nasional, Pratiwi Indah Sayekti Siswa SMA Negeri 1 Wonogiri Peraih Mendali Perak OSN Siswa SMA/MA Mapel Kimia, Sella Tiana Pramestuti, Siswa SMA Negeri 1 Wonogiri Juara 1 Olimpiade Matematika Tingkat SMA dan Rudi Saputro Siswa SMK Negeri 2 Wonogiri Juara 1 Production Machine Lomba kompetensi Siswa SMK XXI tingkat propinsi.[Bagus]

error: Content is protected !!