Pedagang Jamu Gendong dan Kacang Dari Purwantoro

0 86
Bu Darmini, Pedagang Jamu Gendong dan Kacang Dari Purwantoro
Bu Darmini, Pedagang Jamu Gendong dan Kacang Dari Purwantoro

infowonogiri.com – TANGERANG – Ibu Darmini. Itulah nama panggilan akrabnya. Darmini masih terlihat muda. Perempuan ini berasal dari Dusun Kepuh, Desa Ploso, Kecamatan Purwantoro. Darmini adalah salah satu dari sekian banyak penjual jamu gendong di wilayah Ciputat, Tangerang.

Berawal dari membantu adiknya yang berjualan jamu di Ciputat, Tangerang Selatan. Pada tahun ¬†2004, saat itu adiknya sedang melahirkan, Darmini diminta untuk “ngaplosi” mengantikan jualan adiknya untuk sementara waktu. Setelah terbiasa akhirnya Darmini memutuskan untuk berjualan sendiri.

Dengan pola berjualan pagi dan sore. Pagi hari jualan mulai pukul 07:00 hingga 10:00 WIB. Pada sore hari mulai pukul 16.19.00 WIB. Darmini mampu mengumpulkan pendapatan bersih sekitar Rp.2 jutaan.

“Alhamdulillahirabbil’aalamin mas, saya bisa bantu-bantu suami yang bekerja sebagai pekerja bangunan sejak tahun 2004 sampai sekarang di masjid Al Jihad ¬†Ciputat, dan tetap bisa berkumpul dengan suami dan anak anak. Anak saya dua mas. Satu anak sudah bekerja, dan yang satu masih SMP di kampung,” tutur Darmini.

Darmini, di Ciputat tidak sendirian berjualan jamu. Ternyata banyak tetangganya yang berjualan di sekitaran Ciputat. Darmini maupun kawan-kawanya tetap mempertahankan ciri khas bakul jamu gendong, dengan selalu mengenakan tapih jarik. Selain berjualan jamu, Darmini juga berjualan kacang bawang khas Wonogiri yang di bungkusi kecil-kecil dengan harga satu bungkus seribu rupiah.[Lesna]

error: Content is protected !!