Pawai Karnaval Budaya Meriah, Masyarakat Terhibur

2 83
Pawai Karnaval Budaya Meriah, Masyarakat Terhibur | Foto Sugiyarno
Pawai Karnaval Budaya Meriah, Masyarakat Terhibur | Foto Sugiyarno

infowonogiri.com – WONOGIRI – Perhelatan Akbar Pawai Budaya Wonogiri, Rabu (22/5) berlangsung sangat meriah. Dari seluruh elemen yang ada bersatu padu membentuk barisan budaya dengan keanekaragaman potensi budaya yang ada di Kabupaten Wonogiri.

SMK 5 Pancasila menampilkan rombongan penjual jamu dengan khas wonogirinya, sementara kontingen dari Kecamatan Tirtomoyo menampilkan kesenian bakiak terpanjang dengan dikendarai oleh 17 orang dalam satu bakiak yang dijalankan dengan penuh kekompakan, sementara pasukan Baturetno yang dipagi harinya pasukan PAUD/TK/SD tidak tampak di halaman Pendopo Wonogiri, rombongan Himpaudi Baturetno tampak terlihat berangkat dari Lapangan Pringgondani Wonokarto.

Kecamatan lain yang tampil unik adalah Kecamatan Wuryantoro menampilkan kesenian asli Wonogiri yang lama tak terdengar lagi yaitu Kesenian Srandul.Pawai ini juga disemarakkan dengan adanya Topeng Ireng kesenian dari luar daerah dan Penampilan Barongsai.

Acara yang berlangsung dari pagi hingga siang hari ini berlangsung dengan tertib dan sangat meriah, ribuan masyarakat Wonogiri dan sekitarnya turut merasakan kemeriahan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri. Mereka memadati sepanjang jalan protokol dari depan Lapangan Pringgondani hingga Lapangan Sukorejo Wonogiri. Para pejabat eselon IV di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri juga tampak terlihat berbaris rapi dengan mengenakan surjan sebagai salah satu upaya mengenang para pahlawan bangsa.

Menurut Kabag Humas Setda Kabupaten Wonogiri, Waluyo, S.Sos,MM, kegiatan pawai ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri ke 272. Sebelumnya telah digelar berbagai acara seperti Kejurnas Lari 10 K, Lomba Olahraga Tradisional, Lomba Volly antar SKPD, Pengajian Akbar, Pentasyaruban Anak Yatim Piatu, Lomba Foto Kehumasan, Gelar Potensi Unggulan, dan berbagai kegiatan lainnya.

“Hadiah bagi para pemenang akan diserahkan pada Malam Resepsi, Kamis tanggal 23 Mei nanti, pada pukul 19.00 WIB di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri,” jelasnya. Rencananya acara Malam Resepsi akan diramaikan dengan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk yang disiarkan langsung oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Surakarta. (N 420)

error: Content is protected !!