Pasar Jatipurno Sepi Kalah Bersaing Dengan Pedagang Keliling

0 129
Suasana Pasar Jatipurno | Foto Eka
Suasana Pasar Jatipurno | Foto Eka

infowonogiri.com – JATIPURNO – Sekelumit sejarah Pasar Jatipurno. Pasar Jatipurno diresmikan pada Jum’at Kliwon (26/8 2005) oleh H Begug Poernomosidi SH, saat itu sebagai Bupati Wonogiri. Lokasi Pasar Jatipurno berdekatan dengan batas wilayah sisi utara Kabupaten Karanganyar,  di sisi timur batas wilayah Kecamatan Slogohimo, di sisi Selatan batas wilayah Kecamatan Jatisrono, dan di sisi barat bebatasan dengan wilayah Kecamatan Girimarto.

Suasana Pasar Jatipurno | Foto Eka
Suasana Pasar Jatipurno | Foto Eka

Lahan tempat berdirinya Pasar Jatipurno, sebelumnya merupakan Lapangan sepak bola Kecamatan Jatipurno. Setelah dibangun Pasar Jatipurno, pemerintah membangun lapangan baru sebagai penggantinya, di Desa Panggil. Kini lapangan itu diberi nama Krida Purnama.

Mengapa rela memindahkan lapangan menjadi Pasar Jatipurno? Menurut kabar yang berkembang, pemerintah Kecamatan bertujuan ingin memiliki kelengkapan fasilitas umum di wilayah Kecamatan Jatipurno. Antara lain terminal dan sekaligus untuk pasar. Hari pasaran pada weton Wage, Kliwon dan Pahing.

Bagi masyarakat yang ingin memiliki kios dilakukan dengan cara lelang kios, lelang pertama Rp.20 juta. Kini harga kios perunit telah mencapai Rp 30 juta. Sutardi, selaku penarik retribusi pasar Jatipurno, sejumlah pedagang mengeluhkan Pasar Jatipurno akhir akhir ini sepi, menyusul kian banyaknya pedagang sayur keliling menggunakan mobil dan sepeda motor.[Eka]

error: Content is protected !!