Obat Herbal Tanaman Binahong

0 70
Tanaman Binahong
Tanaman Binahong

infowonogiri.com – WONOGIRI – Obat adalah sesuatu yang bisa membuat orang menjadi lebih sehat.  Berobat  dengan obat-obatan herbal kini mulai banyak disukai oleh masyarakat. Beragam produk herbal telah beredar di pasaran. Sebagian besar produk herbal mengklaim aman dikonsumsi dan tanpa efek sanping.

Salah satu bahan baku obat herbal adalah daun binahong. Daun binahong tergolong obat herbal yang berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Antara lain untuk menyembuhkan luka luar bagi anda yang mengalami kecelakaan atau luka memar akibat benturan dan lainnya.

Caranya, daun binahong cukup ditumbuk kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Obat herbal daun binahong ini akan lebih cepat mengeringkan pada luka. Selain itu tanaman daun binahong juga bermanfaat sebagai obat disentri.

Caranya cukup ambil beberapa lembar daun binahong lalu dicuci bersih kemudian diseduh dengan air panas dalam gelas, kemudian diminum. Obat-obatan herbal terkadang juga lebih disukai masyarakat dari pada obat-obatan modern yang dari medis.

Tanaman Binahong
Tanaman Binahong

Jika tidak ada alternatif lain selain harus mengkonsumsi obat modern yang dijual bebas di warung maupun apotek tanpa menggunakan resep dokter, maka sebaiknya konsumen lebih teliti memperhatikan dosis agar tidak membahayakan bagi tubuh.

Apabila kita mengkonsumsi obat yang tidak sesuai dengan dosis yang digunakan, maka obat tesebut tidak akan memeliki efek yang tepat. Sebaliknya malah bisa menimbulkan bahaya. Seperti keracunan dan megalami efek samping.

Cara kerjanya obat  herbal memang lebih lambat jika dibandingkan obat kimiawi, tetapi obat herbal adalah cara yang cukup efektif karena tanpa efek samping yang membahayakan. Mari mencoba memanfaatkan daun binahong ini demi kesehatan.

Binahong dapat tumbuh di wilayah Wonogiri. Sifat pohon binahong memang dapat tumbuh di dataran tinggi maupun rendah. Namun cenderung lebih mudah tumbuh di dataran tinggi. Bentuk daun binahong berwarna hijau, mirip dengan daun sirih, lonjong seperti lambang love (cinta). (eka)

error: Content is protected !!