Musibah Kebakaran Bisa Ditangani Lintas Kabupaten

1 22

pemadaminfowonogiri.com – WONOGIRI -Sebanyak tujuh kabupaten yang tergabung dalam Karisma Pawirogo (Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Magetan, Pacitan, Ngawi, dan Ponorogo) menandatangani perjanjian kerja sama bidang pemadam kebakaran, kesejahteraan sosial, dan pendidikan di pendapa Kabupaten Wonogiri, Selasa (14/5).

Kabag Kerja Sama Setda Wonogiri, Edi Martono mencontohkan, kerja sama bidang pemadam kebakaran dilakukan untuk menghadapi musibah kebakaran di wilayah perbatasan antarkabupaten. Biasanya, wilayah perbatasan terlalu jauh dari jangkauan mobil pemadam kebakaran di pusat kota kabupaten.

Musibah kebakaran bisa ditangani oleh petugas kebakaran yang paling dekat dengan lokasi kejadian. Meskipun petugas dari kabupaten tetangga. “Nantinya ada mobil pemadam kebakaran yang siaga di perbatasan. Sehingga kebakaran di perbatasan Wonogiri bisa ditangani oleh petugas kebakaran dari Pacitan. Begitu pula sebaliknya,” terangnya.

Sedangkan kerja sama bidang pendidikan difokuskan untuk para siswa di perbatasan antarkabupaten. Siswa yang bersekolah di kabupaten tetangga dalam lingkup Karisma Pawirogo tetap mendapatkan fasilitas beasiswa dan pengawasan pengumuman kelulusan. “Contoh, siswa Wonogiri sekolah di Ponorogo tetap bisa mendapatkan beasiswa,” ujarnya.

Adapun kerja sama bidang kesejahteraan sosial di antaranya penanganan Pengemis Gelandangan dan Orang Terlantar (PGOT) antarkabupaten. PGOT yang dibuang dari luar daerah jamak dijumpai di wilayah perbatasan. “Kami bisa bertukar informasi. Lalu menangani PGOT untuk kemudian dikembalikan ke daerah asalnya,” imbuhnya.

Sekretariat Badan Kerja Sama Antardaerah (BKAD) Karisma Pawirogo kini diserahkan dari Kabupaten Wonogiri ke Sragen. Sekretariat BKAD tersebut berpindah setiap dua tahun sekali.

[Bagus]

error: Content is protected !!