Lima Menit Bersama Mangara Siahaan

0 56
Mangara M. Siahaan anggota Fraksi PDI-Perjuangan MPR RI
Mangara M. Siahaan anggota Fraksi PDI-Perjuangan MPR RI

INFOWONOGIRI.CO.ID – WONOGIRI – DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Wonogiri kedatangan tamu istimewa, anggota MPR RI Mangara M Siahaan, Sabtu (11/5) di Gedung SKB Bulusulur Wonogiri. Mangara M Siahaan adalah utusan dari Fraksi PDI Perjuangan.

Mangara memberikan ceramah pada acara Kursus Kader 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Fraksi Perjuangan MPR RI. Mangara Hadir bersama Abadi Hutagalung, Iwan Laksono dan Timbul Srimulat  sebagai narasumber.

Ketiga tamu tersebut disambut oleh Ketua DPC PDI-Perjuangan Wonogiri Joko Sutopo, sekretaris DPC PDI-Perjuangan Setyo Sukarno, serta jajaran pengurus DPC, PAC dan Anak Ranting di seluruh Wonogiri.

Hadir sebagai peserta kursus terdiri dari pengurus DPC, Anggota Fraksi PDI-P erjuangan DPRD II Wonogiri, Ketua PAC se Kabupaten Wonogiri –mines- PAC Kecamatan Purwantoro, dan pengurus Anak Ranting PDI-Perjuangan Bulusulur, serta para Bacaleg PDI-Perjuangan Wonogiri.

Di hadapan wartawan, Mangara menceritakan sejarah perjalanannya bergabung dengan PDI-Perjuangan. Diawali tahun 1982, Mangara dan Sophan Sophian (kini telah almarhum), dipanggil oleh Ibu Megawati Soekarnoputri dan Guruh Seokarnoputra.

Mangara dan Sophan Sophian disarankan masuk Partai Demokrasi Indonesia (PDI) pimpinan Soeryadi, dengan alasan Ibu Megawati akan masuk PDI. Pada tahun itu juga, keduanya bergabung dengan Ibu Megawati ke PDI.

Mangara dan Sophan Sophian mendapat tugas mengawal Ibu Megawati Soekarnoputri. “Pada tahun 1986, saya bersama Ibu Megawati Soekarnoputri, dan Sophan Sophian melawan kepemimpinan Soeryadi, sehingga berakibat terpecahnya PDI,” katanya.

Melalui kongres di Surabaya dilanjutkan kongres di Medan serta musyawarah Nasional di Hotel Kemang Jakarta, maka lahirlah PDI-Pro Mega. Kemudian menjadi PDI-Perjuangan yang dideklarasikan pada tanggal 14 Pebruari 1998.

“Saya turut menandatangani deklarasi berdirinya PDI Perjuangan. Setelah berdirinya PDI-Perjuangan, saya mengemban tugas sebagai Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan untuk periode 1995 – 2000,” katanya.

Kemudian, lanjut Mangara, pada tahun 2000, ia diperintahkan oleh Ketua Umum untuk menyiapkan pelaksanaan Konggres Rakyat di Bali. Setelah melalui Kongres Rakyat di Bali, Mangara ditugaskan oleh Megawati, untuk menjabat Wakil Sekjen DPP PDI-Perjuangan Periode 2000-2005.

Perintanya, saat itu, untuk melaksanakan konsolidasi partai di seluruh Indonesia, dengan melaksanakan pembentukan kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD), melalui Konferda dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC), melalui Konfercab di seluruh Indonesia.

Pada Kongres di Semarang, Ketua Umum DPP PDI-Perjuangan yang terpilih secara aklamasi kembali memerintahkan Mangara untuk bertugas menjabat sebagai Wakil  Sekjen DPP PDI Perjuangan Periode 2005-2010.

Penugasan di Legislatif juga diberikan kepada Mangara sebagai anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (DP) Kota Bandung dan Kota Cimahi tahun 2004-2009. Selanjutnya diberikan tugas kembali sebagai anggota DPR RI dari DP Jateng IV (Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen) pada tahun 2009-2014.

Kini, Ketua Umum dan DPP PDI Perjuangan kembali menugaskan Mangara untuk menjadi calon anggota DPR RI dari Dapil Jateng IV pada Periode 2014-2019. “Semoga saya bisa mengabdi dan memberikan yang terbaik bagi bangsa negara dan rakyat pada penugasan kali ini,” pungkasnya.[Bagus]

error: Content is protected !!