Khidmat, Peringatan Hari Jadi Wonogiri Ke-272

0 49
Khitmad,  Peringatan Hari Jadi Wongoiri Ke-272 | Foto Sugiyarno
Khitmad, Peringatan Hari Jadi Wonogiri Ke-272 | Foto Sugiyarno

infowonogiri.com – WONOGIRI – Hari Kebangkitan Nasional ke-105 dan Harijadi Kabupaten Wonogiri diperingati secara serentak dan khidmat lewat peringatan upacara di lapangan Pringgodani Wonogiri, Senin (20/5). Hari jadi Wonogiri yang jatuh setiap tanggal 19 Mei di tahun ini adalah yang ke-272 tahun. Bupati Wonogiri H. Danar Rahmanto selaku orang nomer satu di jajaran Pemerintahan bertindak sebagai  inspektur upacara.

“Perjalanan panjang sejarah Kabupaten Wonogiri tidak dapat dilepaskan dari sosok Raden Mas Said atau yang dikenal dengan gelar Pangeran Sambernyawa yang menyusun strategi perjuangan di wilayah Nglaroh Kecamatan Selogiri.  Nglaroh ini merupakan cikal bakal berdirinya Wonogiri,” ungkap Bupati dalam pidatonya di hadapan ratusan peserta upacara yang dari jajaran pemerintahan, BUMD, swasta, dan masyarakat.

Khitmad,  Peringatan Hari Jadi Wongoiri Ke-272 | Foto Sugiyarno
Khitmad, Peringatan Hari Jadi Wongoiri Ke-272 | Foto Sugiyarno

Ditambahkan Bupati bahwa setiap perjalanan perjuangan melahirkan sosok pahlawan yang harus dikenang, mengingat begitu besar pengorbanan yang telah diberikan.  Sebagai penerus perjuangan para pahlawan bangsa, generasi muda diharapkan menghormati dan mengenang jasa para pahlawan maupun pendiri Kabupaten Wonogiri dan menapak tilas jejak sejarah berdirinya Kabupaten Wonogiri.

“Semangat perjuangan kaum muda yang mempelopori kebangkitan bangsa dan memperjuangkan nasib bangsa agar terlepas dari penjajah kiranya dapat menjadi cermin bagi generasi muda di Kabupaten Wonogiri. Usia muda bukanlah halangan untuk memulai suatu kerja besar dalam memberikan andil bagi bangsa dan negara. Lihat saja, dr. Soetomo mendirikan Boedi Oetomo bersama para mahasiswa STOVIA saat berumur 20 tahun, dan Raden Mas Said memulai perjuangan melawan penjajah kolonial Belanda saat masih berusia 16 tahun.”

Semangat dan cara berpikir yang demikian matang dan dewasa diharapkan dapat dijadikan panutan atau teladan bagi kaum muda pada umumnya, khususnya yang ada di Kabupaten Wonogiri. Sebelumnya Bupati dan jajaran Muspida Kabupaten Wonogiri melakukan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Wonogiri untuk berziarah ke makam pahlawan.  ( N420)

error: Content is protected !!