Jangan Harap Ada Lowongan PNS Tahun Ini Sampai 2015

2 37

Apel-Pagi-PNS-Pemda-Wonogiriinfowonogiri.com – WONOGIRI – Bagi penduduk Wonogiri yang bermimpi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) jangan harap dapat terkabulkan pada tahun 2013 ini. Sebab pada tahun ini, BKD telah mendapatkan kepastian tidak akan menerima calon pegawai negeri sipil. (CPNS). Karena keuangan pemerintah Wonogiri lebih banyak untuk belanja pegawai negeri sipil.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wongoiri, Rumanti Permanandiyah Senin (6/5) di rumah dinas Bupati Wonogiri. Kepastian tersebut diperoleh BKD Wonogiri setelah berkonsultasi ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB), ke Jakarta.

“Setelah kami konsultasi ke Kemenpan dan RB, acuan utama dalam menentukan penerimaan CPNS adalah pemerintah pusat tetap menerapkan besarnya gaji pegawai sebagai acuan penerimaan CPNS,” kata Rumanti Permanandiyah. Karena itu BKD batal mengusulkan anggaran dalam Perubahan APBD 2013 senilai Rp.800 juta.

Sebelumnya BKD Wonogiri merencanakan untuk mengusulkan penerimaan CPNS pada tahun 2013. Sebab Pemkab Wonogiri masih membutuh tenaga PNS sekira 2.500 orang. Jumlah kebutuhan itu berdasarkan kalkulasi PNS yang pensiun sejak tahun 2008-2013.

Rumanti pesimis, sampai tahun 2015, dan bahkan sampai 2017 Pemkab Wonogiri dapat membukan lowongan CPNS. “Kalau acuannya tetap anggaran gaji pegawai, maka lima tahun ke depan kami tidak akan bisa membuka perekrutan CPNS,” ujarnya.

Argumentasinya, anggaran belanja pegawai di Kabupaten Wonogiri mencapai 67,66% dari total APBD. “Data riil anggaran belanja pegawai 44%. Ditambah anggaran uang makan uang transport, kegiatan dinas luar, termasuk anggaran langsung dan tidak langsung maka dijumlah mencapai sekira 66 pesen lebih,” tambahnya.

Kini pihaknya hanya bisa menunggu munculnya peraturan pemerintah pusat, barang kali ada kebijakan baru. Tahun 2013 ini, lowongan penerimaan CPNS hanya ada di Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur.[Bagus]

error: Content is protected !!