Blusukan Ke Pasar, BEM UNS Ajak Pedagang Gunakan Hak Pilih

0 31
ejumlah BEM UNS Solo saat blusukan ke Pasar Gede Solo mengingatkan pedagang untuk tidak golput
ejumlah BEM UNS Solo saat blusukan ke Pasar Gede Solo mengingatkan pedagang untuk tidak golput

INFOWONGOIRI.CO.ID – SOLO – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo blusukan Pasar Gede Solo, Jumat (24/5). Aksi yang dilakukan puluhan mahasiswa itu adalah untuk mengajak seluruh pedagang menggunakan hak pilihnya dalam Pilgub Jateng, Minggu (26/5). Demikian disampaikan Presiden BEM Kabinet UNS Bersatu, Toma Patriot Tama di sela-sela aksinya di depan Pasar Gede Solo.

“Kami mengajak pedagang dan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilgub Jateng nanti. Tujuanny adalah untuk mengurangi angka golput dikalangan pedagang dan masyarakat,” papar Toma.

Sebelum memasuki pasar, puluhan mahasiswa itu melakukan orasi di depan pasar tepatnya di bawah tugu jam tak jauh dari pasar. Dalam orasinya itu mereka juga membentangkan spanduk dan poster ajakan kepada pengguna jalan untuk tidak golput. Selang beberapa menit kemudian para mahasiswa itu melanjutkan orasinya dengan memasuki pasar. Di dalam pasar mereka juga turut membagi-bagikan selebaran kertas bertuliskan Yuk Nyoblos, Monggo Sareng-sareng Nyoblos Calon Gubernur Jateng, Ampun Kesupen Nggih kepada para pedagang.

“Golput bukanlah pilihan yang terbaik. Golput merupakan salah satu bentuk ketidakpedulian masyarakat terhadap demokrasi serta perpolitikan di negeri ini (Indonesia),” tegasnya.

Toma menjelaskan, tingginya angka golput dikalangan masyarakat ini diakibatkan sikap dan perilaku pejabat negara serta politisi yang sangat memprihatinkan dan semakin melukai hati rakyat. Sehingga rakyat (masyarakat) mengalami krisis kepercayaan dan keyakinan terhadap pejabat negara. Dan akhirnya masyarakat enggan terlibat dalam demokrasi maupun politik. “Maka dari itu dengan aksi ini kami mencoba untuk mengingatkan kembali masyarakat untuk tetap menggunakan hak pilihnya,” jelasnya.(bib)

error: Content is protected !!