13 Peserta Tak Ikut UN SD Hari Pertama Karena Malas

0 18
ilustrasi
ilustrasi

infowonogiri.com – WONOGIRI – Sebanyak 13 siswa Sekolah Dasar (SD) dari 11 SD tidak mengikuti Ujian Nasional (UN) pada hari pertama, Senin (6/5). Sebanyak 11 anak beralasan karena malas sekolah. Sedangkan dua siswa dikarenakan berhalangan tetap.

Yaitu satu anak meninggal dunia tenggelam d sungai Walikan, bernama Viktor Wauren Priyatna siswa kelas VI di SDN 1 Wonokerto. Sedangkan satu peserta lagi tidak ikut karena sakit. Kepala Dinas Pendidikan, Siswanto berharap kepala sekolah dapat memotifasi ke 11 anak tersebut.

“Alasan tidak ikut ujian yang dilaporkan ke saya ada yang karena malas sekolah. Kami berharap kepala sekolah dapat memotivasi anak agar mau bersekolah. Sebagian yang lain sudah keluar sekolah dan ada pula yang ikut orang tua merantau,” jelasnya.

Pasca pelaksanaan ujian hari pertama, dilakukan proses pemindaian lembar jawab ujian di kantor Dinas Pendidikan. Pemindaian berlangsung tertutup. Diperkirakan pemindaian akan berlangsung hingga malam hari.

Pelaksanaan UN hari pertama di beberapa sekolah sempat dipantau langsung oleh Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto. Yaitu di SDN 2 Ngadirojo, SDN 3 Kerjolor (Ngadirojo), dan SDN 2 Tekaran (Selogiri). Masing-masing Kepala UPT dan Muspika hadir mendampingi Bupati.

Sementara Kabid Pendidikan TK/SD Sri Mulyati melaporkan, di wilayah Kabupaten Wonogiri hanya terdapat dua SD yang tidak menyelenggarakan UN, karena SD tersebut tidak mempunyai siswa kelas VI-nya. Yaitu SDN 4 Basuhan dan SDN 3 Tempurharjo Kecamatan Eromoko. [Bagus]

error: Content is protected !!