Wonogiri Menjadi Pilot Proyek Penataan PNS di Jawa

0 61

cpnsinfowonogiri.com – WONOGIRI – Dalam upaya melaksanakan Percepatan Reformasi Birokrasi, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) melaksanakan Penataan Pegawai Negeri Sipil yang dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan menunjuk beberapa Kabupaten/Kota se Indonesia, salah satunya Kabupaten Wonogiri sebagai pilot project pelaksanaannya.

Yulina Setiyawati.NN, SH,MM selaku Deputi Bidang Informasi Kepegawaian BKN pada acara Bimbingan Teknis Pilot Project Penataan PNS di Lingkungan Pemkab Wonogiri, Selasa (2/4) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri menyampaikan Wonogiri dipilih sebagai salah satu Kabupaten sebagai pelaksana Pilot Project Penataan PNS karena keberhasilan Pemkab Wonogiri memenuhi persyaratan untuk bisa melaksanakan perekrutan PNS, salah satunya adalah adanya Analisis Beban Kerja dan penyusunan Peta Jabatan, distribusi serta proyeksi 5 tahun mendatang.
“Wonogiri termasuk salah satu Kabupaten yang telah memenuhi persyaratan supaya bisa melakukan perekrutan PNS di tahun 2013 ini, diharapkan dalam pengisian lowongan tidak hanya dari formasi umum saja tapi juga harus menyelesaikan hononer kategori 2 yang masih ada,” terangnya.
Ditegaskan, tidak semua Honorer kategori 2 akan diangkat, “Tidak seperti honorer kategori 1 karena alokasi formasi sangat tergantung dari hasil analisis jabatan, khusus di Wonogiri dari hasil perhitungan analisis jabatan masih memerlukan sejumlah 2.500 formasi namun dari hasil perhitungan BKN hanya 1.500 formasi, dan jumlah ini harus dipenuhi dari Formasi Umum dan Formasi Honorer.”
Yulina berharap dengan adanya penataan PNS ini maka akan terjadi distribusi pegawai sesuai kompetensinya.”Jadi nanti harus dilakukan peningkatan kompetensi manajerial, peningkatan kompetensi teknis dan yang paling penting adalah etika pegawai, karena dengan etika pegawai maka akan memperkuat integritas para PNS,” lanjutnya.
Ke depan penataan PNS ini akan dilakukan rasionalisasi jumlah jabatan antara Jabatan Struktural, Jabatan Fungsional Tertentu dan Jabatan Fungsional Umum. Diketahui bahwa saat ini di Wonogiri Jabatan Fungsional Tertentu masih dirasa lebih kecil dibandingkan Jabatan Fungsional Umum.
Acara yang diikuti oleh 60 Pejabat eselon IV ini dibuka langsung oleh Bupati Wonogiri, H. Danar Rahmanto juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri, Drs. Budisena, MM. Menurut Kepala BKD Kabupaten Wonogiri, Rumanti Permanandyah SH, MM acara Bintek ini akan dilaksanakan selama 2 hari bertempat di Ruang Graha Personalia BKD Kabupaten Wonogiri dengan narasumber dari Tim BKN Jakarta.(Bagus)
error: Content is protected !!