Syukur dan Sabar Dua Penyebab Kaya dan Bahagia

0 40
Ust. Ihsan Saefudin
Ust. Ihsan Saefudin

infowonogiri.com – WONOGIRI – Hidup ini seperti cakra panggilingan. Itulah ungkapan pribahasa jawa yang cukup populer. Hidup itu berjalan seperti roda kereta. Terkadang di bawah dan terkadang di atas. Hidup ini kadang menyedihkan, sebaliknya terkadang menyenangkan. Terkadang bahagia terkadang sedih. Kadang sehat. Kadang sedih. Pernah punya uang banyak. Pernah tidak punya uang. Di saat bahagia maka harus bersyukur. Saat sedang susah harus bersabar.

Itulah pesan yang disampaikan oleh Ust. Ihsan Saefudin pemateri motivasi spiritual yang disampaikan di hadapan puluhan anggota keluarga jamaah haji tahun 2001 Wonogiri Kota, di RM Pak Eko Bulusulur Wonogiri.

Penjelasanya, bahwa syukur itu menambah nikmat dan menagkal adzab (QS Ibrahim; 7). Dan, ingatlah, tatkala Tuhanmu memaklumatkan “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat)”…..dst.

Dalil lain adalah QS Annisa; 147. Tidaklah Allah akan nenyiksamu, jika kamu bersykur dan beriman, dan Allah Adalah Maha Mensyukuri lagi maha Mengetahui. Syukur dalam situasi dan keadaan apapun. Dan inilah kesulitan semua, untuk menyukuri nikmat allah yang telah diberikan. Seperti Allah ketika menyinggung melalui Surat Arrahman. Allah-pun menandaskan, bahwa sangat sedikit makhluknya yang pandai bersyukur.

Salah satu cara melatih bersyukur adalah dengan cara “Lihatlah ke bawah. Jangan lihat ke atas”. Sementara ketika mendapatkan ujian cobaan seperti hal-hal yang menyedihkan, menyakitkan, memilukan dan bahkan memalukan maka jalan satu satunya adalah dikembalikan kepada Allah, setelah berikhtiar dan berdoa. Allahlah tempat kembali. Allahlah tempat berpasrah diri, Allah-lah tempat meminta dan Allah tujuan hidup akhir manusia. Subhanallah.[Bagus]

error: Content is protected !!