Sukseskan Sensus Pertanian Berikan Data Yang Benar

0 52
Bupati menyematkan rompi kepada petugas ST2013 tanda dimulainya ST2013
Bupati menyematkan rompi kepada petugas ST2013 tanda dimulainya ST2013

infowonogiri.com – WONOGIRI – Mulai Rabu (1/5) Sensus Pertanian 2013 (ST2013) dimulai. Petugas ST2013 diharapkan mampu menjalin komunikasi yang efektif dengan masyarakat mengingat objek sensus mayoritas adalah para petani di daerah-daerah

Itu ditekankan oleh Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto saat sambutan pada acara Apel Akbar Petugas Sensus Pertanian 2013 (ST-2013) di Lapangan Giri Kridha Bhakti Wonogiri, Senin (29/4). “Kami harap, petugas sensus bisa berdialek familier dengan masyarakat agar masyarakat terbuka memberikan data yang benar,” pesan Bupati Wonogiri, H Danar Rahmanto.

Bupati berpendapat citra petugas sensus selama ini cenderung formil. Itu menjadikan takut apalagi dengan masih adanya persepsi masyarakat bahwa pendataan selalu terkait dengan bantuan atau pajak, yang menjadikan mereka enggan member informasi yang benar.

“Padahal akurasi data yang diperoleh melalui sensus pertanian ini sangat penting artinya. Karena hasil sensus dipergunakan sebagai bahan perencanaan, implementasi kebijakan dan evaluasi program pembangunan pertanian di kementrian dan lembaga terkait,” lanjutnya.

ST-2013 dilaksanakan sebulan, selama bulan Mei. Obyek yang diterliti ada 6 subsektor. Yaitu sektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan dan juga sektor kehutanan. Diharapkan kelak diperoleh data statistik pertanian terkini yang lengkap dan akurat.

Dari ST2013 akan didapatkan informasi tentang jumlah usaha pertanian, rumah tangga petani gurem, komoditas pertanian serta distribusi penguasaan dan pengusahaan lahan menurut golongan luas.[Bagus]

error: Content is protected !!