Besok, TNI Bhakti Sosial Operasi Katarak Gratis

0 30
Pendaftar calon pasien operasi katarak
Pendaftar calon pasien operasi katarak

infowonogiri.com – WONOGIRI  – Sedikitnya sampai pukul 13.00 WIB, Senin (29/4) telah terdaftar sebanyak 86 calon peserta operasi katarak di RSUD Soediran Mangun Soemarso (SMS) Wonogiri. Calon pasien adalah dari kalangan keluarga tidak mampu yang dibuktikan dengan kepemilikan surat keterangan tidak mampu (SKTM), Kartu Jamkesmas/Jamkesda/Jamkesmaskot.

Kepala Bagian (Kabag) Perencanaan Program  RSUD SMS Wonogiri, Teguh Widodo mengemukakan, mayoritas peserta telah berumur rata rata diatas 50 tahun. Hanya sedikit saja peserta yang berusia di bawah 50 tahun. Perinciannya 46 calon peserta berjenis kelamin laki laki, dan 40 calon perserta berjenis kelamin perempuan.

“Kebanyakan perserta dari Wonogiri wilayah Timur. Seperti Kecamatan Bulukerto, Puhpelem, Kismantoro, Purwantoro, Slogohimo, Jatisrono dan sedikit peserta dari Wonogiri Kota dan sekitarnya,” terang Teguh. Dijelaskan, dari calon peserta sebanyak itu, akan diseleksi secara medis secara bertahap. Pemeriksaan tahap opthalmologi, pemeriksaan fisik dan laboraiatorium.

“Baru kemudian akan diekskusi (dioperasi) setelah dinyatakan lolos tes tiga tahap itu. Jadai belum tentu sebanyak 86 pendaftar itu dioperiasi semua,” tandas Teguh Widodo didampingi stafnya, Iwan. Kegiatan ini, lanjutnya kali kedua dilaksanakan oleh RSUD SMS. Kali ini diselenggarakan berkat kerjasama Korem 074/Warastratama Surakarta, BKIM Semarang dan RSUD SMS Wonogiri.

Sebelumnya, pernah digelar kerja sama RSUD SMS Wonogiri dengan DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Wonogiri. “Pelayanan operasi katarak ini gratis, pada 1 dan 2 Mei besok. Tujuannya untuk membantu masyarakat tidak mampu. Dokternya dari spesialis mata RSUD SMS Wonogiri,” terang Teguh. Diperkirakan pendaftar lebih dari 86 orang. [Bagus]

error: Content is protected !!