15 Siswa SMK dan SMA Tidak Bisa Ikut Ujian Nasional

0 45
Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri | Foto Sugiyarno
Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri | Foto Sugiyarno

infowonogiri.com – WONOGIRI – Secara serentak Ujian Nasional (UN) untuk SMA/MA/SMK telah selesai dilaksanakan pada Kamis (18/4) lalu. Dari hasil monitoring  dan evaluasi panitia pelaksanaan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri, dapat diketahui ada 15 siswa SMA dan SMK yang tidak mengikuti UN secara penuh.

Dua peserta dari SMA Negeri 1 Wonogiri dan SMA Negeri 1 Sidoharjo tidak bisa mengikuti dikarenakan sakit. Sedangkan 13 peserta lain tidak bisa mengikuti UN tampa alasan dan karena mengundurkan diri. Hal itu dikemukakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri, H Siswanto, Kamis (19/4).

“Sampai hari terakhir ada dua peserta yang tidak bisa mengikuti ujian nasional karena sakit. kedua peserta itu masih menjalani opname di rumah sakit. Yaitu siswa SMA Negeri 1 Wonogiri dan siswa SMA Negeri 1 Sidoarjo,” jelas Siswanto. Lebih rinci, siswa dari SMA N 1 Wonogiri  atas nama Fathoni Saktia Taqwawan, sedang opname di RS dr Oen Solo Baru.

Sedangkan dari SMA N 1 Sidoharjo bernama Catur Wisnu Pamungkas. Sakit opname di RSUD Wonogiri. Siswa SMA N 1 Wonogiri dari awal tidak mengikuti UN sama sekali. Sedangkan siswa SMAN 1 Sidoarjo hanya mengikuti hari pertama. Pada hari ke dua, ketiga, dan ke empat tidak bisa mengikuti.

Kemudian siswa siswa yang mengundurkan diri ada sebanyak 13 siswa dari SMK. Namun Siswanto menandaskan pihaknya tidak melakukan pendataan. “Ada yang tidak memberikan kabar sama sekali, dan susah dihububungi. Ada juga yang mengundurkan diri. Ada  juga yang karena menikah, dan karena meninggal dunia,” tandasnya.

Bagi dua siswa yang tidak bisa mengikuti UN kasena, sesuai aturan panitia memberikan kesempatan untuk bisa mengikuti UN susulan. UN Susulan akan diselenggarakan pada tanggal  Senin (22/4) mendatang. Kalo yang bersangkutan tidak bisa hadir ke sekolahan, panitia akan melayani ke rumah sakit,” tandasnya.

Secara umum Siswanto melaporkan, pelaksanaan UN tahun ini di Kabupaten Wonogiri berjalan aman terkendali. Harapannya, besok pada pelaksanaan UN SMP dan MTs juga akan berlangsung aman seperti pelaksanaan UN SMA/MA/K. Soal ujian untuk SMP/MTs direncanakan datang Sabtu (20/4) esok.[N240]

error: Content is protected !!