Telaga Yang Dulu Angker Kini Disulap Menjadi Tempat Wisata

0 271
Obyek Wisata Telogo Rowo Batuwarno | Foto Sugiyarno
Obyek Wisata Telogo Rowo Batuwarno | Foto Sugiyarno

infowonogiri.com – BATUWARNO – Kemarin Rabu (27/3) diadakan peresmian dan pembukaan obyek wisata Telogo Rowo, di Desa Sumberejo Kecamatan Batuwarno.

Acara dihadiri warga masyarakat sekitar dan pejabat Muspika kecamatan Batuwarno.Peresmian di pimpin langsung Camat Batuwarno dibuka pukul 11.00 WIB. Dilanjutkan tebar bibit ikan nila dan tawes oleh Dinas Perikanan Peternakan dan Kelautan Kabupaten Wonogiri kemudian. Usai kedua kegiatan tersebut dilanjutkan percobaan wisata air. Para pejabat langsung naik sepeda air mengelilingi Telaga Rowo.

Bahwasanya keberadaan wisata Telogo Rowo merupakan aspirasi masyarakat yang dari dulu menginginkan tempat tersebut sebagai sarana pariwisata. “Tahun ini baru terealisasi, padahal keinginan itu sudah lama,” kata Camat.

Kecamatan Batuwarno terdiri dari 1 Kelurahan dan 7 Desa. Wilayah setempat diklaim memiliki potensi kekayaan alam dan Sumber Daya Manusia. Antara lain di Desa Sumberejo ada Hutan Rakyat Lestari bersertifikasi, Telaga Rowo dan Goa Kampret.

Rencana di sekitar wisata Telaga Rowo di Desa Sumberejo sepeda air juga wisata kuliner, wisata terapi zona , wisata pemancingan dan sentra industri Forniture. Upaya untuk mewujudkan Desa Sumberejo sebagai Desa potensial wisata, industri dan ketahanan pangan maka pengelolaan potensi alam dan pemberdayaan sumber daya manusia menjadi prioritas utama menuju daerah wisata produktif.

Sejarahnya Telaga Rowo dibuat oleh para wali. Kelebihannya telaga tersebut pada musim kemarau panjang tidak mengalami kekurangan air. Namun selama ini telaga tersebut tidak pernah difungsikan. Konon dulu gunung di sekitar rawa ini angker dan tidak boleh digunakan untuk mencuci baju bayi (lahiran) selama belum puput pusarnya.

“Saya pernah mencuci selimut di sini pas melahirkan anak ke pertama, badan saya sakit semuan” ujar Suginem warga setempat. Suginem sehat lkembali setelah diobati oleh orang pintar.[N240]

error: Content is protected !!