Sebanyak 27 Mitra Bulog Disanksi Dilarang Mamasok Beras

0 22

gudang buloginfowonogiri.com – WONOGIRI – Sebanyak 27 mitra Bulog Sub Divisi Regional (Sub-Divre) Surakarta tidak lagi dirangkul sebagai mitranya. Hal itu dilakukan sebagai sanksi atas pelanggaran yang dilakukan pengelola CV. Sehingga dengan demikian, saat ini Mitra Bulog tersisa 97 orang.

“Sebelumnya kita punya mitra sebanyak 124 orang. Setelah diinventarisasi, ditemukan ada  banyak yang melanggar. Ada 27 yang kita kenai sanksi. Jadi kini tinggal 124 orang,” kata Kepala Bulog Sub-Divre Surakarta, Edhy Rizwan.  

Dijelaskan, mitra kerja Bulog adalah para pemilik CV yang dipercaya untuk menyuplai beras ke Bulog Sub Divisi Regional (Sub-Divre) Surakarta. Pihaknya membei sanksi bagi mitra yang melanggar. Pelanggaran mitra Bulog antara lain wanprestasi, tidak bisa memenuhi permintaan, dan atau nakal.

“Termasuk mitra yang yang memasok kembali bekas beras untuk keluarga miskin (eks-raskin) ke dalam Bulog,” tambahnya di hadapan pejabat Pemda Wonogiri saat digelar rapat evaluasi Raskin awal Tahun 2013, kemarin di Setda Wonogiri.

Sanksi yang diberikan Bulog bermacam macam tergantung tingkatan pelangaran yang dilaukan. Bisa berupa peringatan, hingga tidak boleh memasok beras lagi ke Bulog. “Ada yang kami bina lagi. Jika setelah dibina ternyata mengulangi kesalahannya, ya tidak boleh memasok lagi,” ujarnya.

Bulog berfungsi menampung sebanyak-banyaknya beras hasil panen. Karena itu mitra Bulog wajib memasok beras hasil panen yang baru. “Kami minta para mitra Bulog untuk tidak memasukkan beras eks-raskin,” katanya.

Rizwan mengatakan, ada kemungkinan masuknya kembali beras eks-raskin ke dalam Bulog. Pasalnya yang terjadi di masyarakat banyak penerima raskin yang menjual kembali berasnya ke pedagang. Sehingga eks-raskin masuk ke Bulog kembali lalu didistribuskan ke masyarakat lagi.

Namun, Rizwan menyatakan, kemungkinan masuknya beras eks-raskin ke Bulog, kecil. Sebab, beras yang masuk ke Bulog diperiksa terlebih dahulu. “Kami tidak bisa mengecek semua karung beras yang masuk. Tetapi, dari seribu karung, mungkin cuma ada satu atau dua yang eks-raskin,” imbuhnya.

Ditambahkan, jumlah mitra Bulog di Wonogiri hanya lima . Jumlah itu termasuk kecil. Sebab jarang ada mitra yang berani masuk ke Wonogiri. Alasannya ongkos biaya transportasinya cukup mahal.[Bagus]

error: Content is protected !!