Pilgub Jateng Rawan Penyalahgunaan Kekuasaan Pejabat

0 61
 Teguh Purnomo ,Kordinator Bidang Pengawasan Bawaslu Jateng | Foto bagus
Teguh Purnomo ,Kordinator Bidang Pengawasan Bawaslu Jateng | Foto bagus

INFOWONOIRI.CO.ID – WONOGIRI – Calon Gubernur dan calon wakil Gubenur Jawa Tengah rawan menyalahgunakan kekuasaan dan jabatannya untuk kepentingan memenangkan dirinya dalam Pilgub mendatang. Sebab semua bakal calon berlatar belakang sebagai pejabat dan mempunyai kekuasaan. Karena itu pengawas Pilgub harus berani dan tegas dalam menegakkan aturan.

Calon Gubernur Bibit Waluyo masih menjabat sebagai gubernur (petahana). Bibit berpasangan dengan Sudijono Sastriatmojo Rektor Universitas Negeri Semarang sebagai Calon Wakil Gubenur, Calon Gubernur Ganjar Pranowo anggota DPR RI, calon wakil gubenur Heru Sujatmono Bupati Purbalingga calon wakil gubernur, dan Hadi Prabowo Sekdaprov yang nyalon gubernur.

Bibit dan Sudijono maju mengendarai Partai Demokrat, Partai Golkar dan PAN. Sedang Ganjar Pranomo dan Heru Sujatmono mengendarai PDI Perjuangan. Sedang Hadi Prabowo dan Don Mordono diusung multi partai PKS, PPP, PKB, Hanura, Gerindra dan PKNU.

“Kami harus bekerja keras mengawasi Pilgub. Sebab semua calon gubernur dan calon wakil gubernur berlatar belakang pejabat. Mereka berpeluang menyalahgunakan kekuasaanya untuk kampanye. Itu pelanggaran, kami harus mengawasi, masyarakat juga harus membantu mengawasi,” kata Teguh Purnomo, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jateng di Wonogiri, Rabu (7/3) siang.

 Para bakal calon, bisa menggunakan jabatan dan kekuasaan untuk berkampanye. Misalnya, program bantuan bantuan sosial Provinsi Jawa Tengah bisa disalahgunakan untuk kepentingan kampanye. “Kami akan menindak jika mereka berkampanye saat masih menjabat,” katanya.

Teguh mengakui upaya pengawasan pada Pilgub saat ini tidak mudah. Karena itu ia membutuhkan peran aktif dan kesungguhan Panwas Pilgub. Saat ini Bawaslu mempunyai 10.580 pengawas se Jateng.

Ketua Panwaslu Kabupaten Wonogiri Tulus Premana Edi menambahkan agar masyarakat turut mengawasi pelaksanaan Pilgub Jateng. “Setiap temuan pelanggaran segera laporkan agar bisa segera ditangani, karena waktunya terbatas,” ujar Tulus.[Bagus]

error: Content is protected !!