Petani Minta Pemerintah Sediakan Pasar Ikan Air Tawar

0 39
Petani Selogiri Panen Raya Lele Air Tawar | Foto Bagus
Petani Selogiri Panen Raya Lele Air Tawar | Foto Bagus

infowonogiri.com – SELOGIRI – Petani ikan air tawar di wilayah Kecamatan Selogiri meminta pemerintah menyediakan pasar khusus ikan air tawar di wilayahnya. Alasannya saat ini di wilayah setempat produksi ikan air tawar cukup tinggi.

Permintaan senada dikemukakan oleh Camat Selogiri Drs Bambang Haryanto MM saat panen raya lele, Rabu (13/3) di Desa Pule, Selogiri. Di Selogiri saat ini produksi ikan air tawar cukup tinggi. Sehingga butuh sarana pemasaran yang memadai.

“Pemasaran ikan air tawar tidak menjadi kendala. Namun alangkah baiknya jika kedepan ada pasar ikan air tawar di Selogiri. Tujuannya untuk menampung hasil produksi peternak, dan meningkatkan posisi tawar petani,” kata Bambang di hadapan Bupati dan petani saat panen raya lele.

Panen raya ikan lele dilaksanakan di Dusun Nglaroh RT 3 RW 2 Desa Pule, Selogiri oleh Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto dan Muspida Wonogiri. Bambang menambahkan, adanya pasar ikan, posisi tawar peternak menjadi kian kuat. Sehingga, harga bisa ditentukan tak hanya tergantung keputusan pedagang dan pemodal besar.

Pemijahan jenis lele dalam satu tahun bisa menghasilkan sekitar 2,4 juta ekor. Untuk nila mencapai 24 ribu ekor. Sedang, pembesaran lele 3,36 ton. Namun ikan nila belum diproduksi lantaran baru saja dibudidayakan.

Menanggapi permintaan petani Bupati H Danar Rahmanto menyetujui asalkan demi kesejahteraan rakyat. Apalagi pemasaran ikan dan lele air tawar produksi Selogiri telah sampai ke kabupaten lain, seperti Sukoharjo.[Bagus]

error: Content is protected !!