Perlunya Pendampingan Terhadap Peternak di Wonogiri

1 38
Gbernur Jawa Tengah Bibit Waluyo saat di Pracimantoro | Foto Bagus
Gbernur Jawa Tengah Bibit Waluyo saat di Pracimantoro | Foto Bagus

infowonogiri.com – GIRITONTRO – Penduduk Wonogiri telah banyak yang meraih gelar pendidikan tinggi dari lembaga pendidikan ternama di negeri ini. Antara lain sarjana di bidang peternakan, pertanian, dan perikanan.

Wilayah Kabupaten Wonogiri juga memiliki potensi yang cukup bagus di bidang peternakan, pertanian dan perikanan. Namun, tampaknya tiga bidang tersebut belum mendapat perhatian serius dari Bupati Wonogiri dan para pejabat di bidangnya. Masyarakat berharap ketiga bidang tersebut dikembangkan.

wedus Misalnya pemerintah menfasilitasi para sarjana di tiga bidang tersebut, kemudian membuat kebijakan yang pro rakyat, baik para petani, peternak maupun nelayan dan juga para sarjana ketiga bidang tersebut.

Diharapkan mereka dapat turut serta mengembangkan Wonogiri dalam bidang pertanian, peternakan maupun perikan. Sehingga Wonogiri berhasil mencapai swasembada pangan, swasembada daging dan lainnya.

Sebab faktanya menunjukan mayoritas penduduk Wonogiri memiliki ternak. Penduduk Wonogiri hususnya para petani,  nelayan maupun peternakan. Contoh warga penduduk Desa Gunung Bromo, Bayemharjo, Kecamatan Giritontro mayoritas 80 KK memiliki ternak, Sapi dan Kambing.

Persoalannya penduduk Wonogiri sebagian tidak mempunyai latar belakang pendidikan dan perawatan bagi ternaknya. Akhir akhir ini banyak ditemukan penyakit “gudik” pada hewan sapi. Mereka sangat membutuhkan bimbingan dan arahan dari pemerintah daerah dalam bidang pemeliharaan hewan ternak, perikanan dan pertanian.

Saat ini masyarakat sangat berharap dinas terkait banyak memberi pendampingan para peternak dan petani dan nelayan di wilayah Wonogiri.[Lesna Purnawan]

error: Content is protected !!