Pemda Ditekan Polda Jateng

1 58
Tinggal kenangan, hewan Satwa Gajah di Obyek Wisata Sendang Asri WGM Wonogiri | Foto bagus

Tinggal kenangan, hewan Satwa Gajah di Obyek Wisata Sendang Asri WGM Wonogiri | Foto bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Diam diam Pemkab Wonogiri sedang berada dalam tekanan Ditreskrimsus Polda Jawa Tengah. Pasalnya, UPT Obyek Wisata Sendang Asri (OWSA) Waduk Gajah Mungkur (WGM) Dinas Pariwisata Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudpapora) terindikasi telah melalanggar pengelolaan satwa.

Yaitu mengelola hewan satwa yang dilindungi secara illegal, alias tak berijin dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jateng. BKSDA telah menyita 13 satwa dari OWSA-WGM. Namun BKSD memberikan kelonggaran agar Pemkab Wonogiri mengurus perijinannya. Namun hingga kini belum diurusnya.

Itu terungkap dalam rapat dengar perdapat (hearing) antara Komisi B DPRD Wonogiri dengan Disbudpapora, Kamis (14/3) lalu di ruang Komisi B DPRD II Wonogiri. Hearing dipimpin oleh Ketua Komisi B Sugiyarto, dan dihadiri oleh anggotanya, Marhendi, Titik Sugiyarti, Heru Sukoco, Iskandar, Iyut Yatiyo, dan Dangi Darmanto.

Hadir Kepala Disbudparpora Pranoto, Agus Tri Harimulyanto, Sentot Sujarwadi, Kabag Perekonomian Edhy Tri Hadyantho, Untari (Bappeda). “Mohon maaf jika kami dianggap tidak mampu, jika akhirnya hewan icon gajah ditarik oleh tim gabungan Polda dan BKSD,” ujar Agus.

Penarikan satwa telah cukup alasan. Meski dmeikian, lanjutnya, BKSDA memberikan kesempatan agar Pemkab Wonogiri mengurus ijin pengelolaan satwa, menyiapkan sarana dan mendirikan Lembaga Konservasi (LK).[Bagus]

error: Content is protected !!