Lomba Tangkap Belut Anak-anak Sampai Orang Dewasa

0 85
Lomba menangkap belut di area Taman Keceh diikuti oleh peserta anak, remaja dan dewasa di Dusun Kedungsono Bulusulur  | Foto Bagus
Lomba menangkap belut di area Taman Keceh diikuti oleh peserta anak, remaja dan dewasa di Dusun Kedungsono Bulusulur | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Di Dusun Kedungsono Desa Bulusulur Kecamatan Wonogiri Kota, Minggu (17/3) dilaksanakan lomba menangkap ikan belut dan ikan lele dumbo. Pesertanya terdiri dari anak anak usia pelajar SD/SMP/ SMA sederajat dan orang tua.

Dilaksanakan di Taman Bermain Keceh Sumber Berkah (TB-KSB)  Kedungsono Wonogiri Kota. Ratusan orang datang mengikuti dan menyaksikan lomba tersebut. Kepala Desa Bulusulur Dwi Prasetyo ST mengemukakan, bawha kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengenalkan tempat bermain bagi warga Wonogiri Kota.

Dijelaskan, TB KSB dibangun diatas lahan Tanah Kas Desa Bulusulur. Sebelumnya, seluas dua hektar ini sempat mangkrak kurang lebih selama tiga tahun, pasca ditanami tebu. Saat itu tanah tersebut adalah lungguh Kepala Desa.

Setelah menjadi tanah kas Desa, Pemerintah Desa Bulusulur berinisiatif mengelola lahan tersebut sebagai wahana bermain anak anak. Karena itulah kemudian mendirikan TB “Keceh Sumber Berkah”. Nantinya taman bermain itu akan dikelola secara mandiri oleh Desa Bulusulur.

Harapannya TB-KSB dapat meningkatkan pendapatan asli desa (PAD). PAD itu dialokasikan 70 % untuk pemberdayaan desa, dan 30 % untuk penambahan penghasilan perangkat desa. TB-KSB dibangun dari dana Penataan Lingkungan Berbasis Komunitas (PBLK) sebanyak Rp.600 Juta.

Di TB-KSB saat ini sudah dibangun dua kolam renang untuk anak anak dan keluarga, joglo sebagai sarana panggung hiburan seni dan budaya, fasilias MCK, loket karcis, tribun penonton dan gasebo. Rencana akan dibangun musola, gasebo khusus untuk pengunjung di sekitar kolam.

Kedepan ia berkeiningan membangun bumi perkemahan, sarana pendidikan pelajar mulai SD-SMA yang dianggarkan sebesar Rp.100 juta. “Kami ingin mengangkat potensi masyarakat, di bidang kerajinan, seni budaya olahraga, wisata maupun kuliner has Wonogiri. Semua itu untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Prasetyo.

Ditambahkan, di Dusun Klemut dan Malangsari telah memiliki Sarana Air Bersih (SAB) dibangun dari dana PBLK sebesar Rp.300 juta. SAB tersebut menjadi penghasilan pemerintahan dusun dan desa. “Prosentasenya 30 % untuk kas Desa Bulusulur. 70 % untuk kesejahteraan pengurus dan perbaikan jaringan,” kata Prasetyo.[Bagus]

error: Content is protected !!