HUT Pemadam Kebakaran Nasional, Dapat Hadiah Mobil Terbakar

0 43

mobil kobonginfowonogiri.com – WONOGIRI – Bertepatan dengan hari Pemadam Kebakaran Nasional ke 94 tahun, diperingati upacara di halaman pendopo rumah dinas Bupati Wonogiri, Jumat (1/3/13) pagi. Upacara dihadiri oleh pegawai dan karyawan PMK Kabupaten Wonogiri. Hadir pula pegiat Tim SAR Kabupaten Wonogiri serta sejumlah pegawai Pemda Wonogiri.

Pas sedang berlangsung upacara, tiba-tiba datang panggilan pemadam kebakaran dari wilayah Ngadirojo. Panggilan tersebut bukan simulasi atau mengada ada. Tetapi kejadian itu benar adanya. Tim PMK dan Tim SAR Kabupaten keluar dari barisan peserta upacara menuju Ngadirojo.

Laporan tersebut benar adanya. Satu unit mobil Carry ST 100  AD 8453 NG terbakar di wilayah Dusun Kenteng RT 2 RW 02 Desa Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo. Mobil itu milik Ferdian Rusdiyanto (25) warga Dusun Jarak RT 02 RW 09, Desa Waleng, Kecamatan Girimarto.

“Mobil ini baru beli kemarin (Kamis sore-red) seharga Rp 13 juta. Sehabis mengisi bensin ke SPBU pom saya pergi mau mencucikan mobil, belum sampai tujuan mobil terbakar. Asap muncul dari kabin dekat mesin, lalu muncul api,” katanya.

Sementara peringatan Hari Pemadam Kebakaran Nasional, Kepala UPT Pemadam Kebakaran Wonogiri, Endang Istriningsih mengatakan jumlah penduduk Wonogiri ada sekira 1,2 juta. Jumlah unit PMK Kabupaten Wonogiri baru ada empat unit. Sudah selayaknya ditambah beberapa unit.

Jumlah personel dan tim teknis PMK Wonogiri juga sangat terbatas. “Jumlah idealnya stiap 25.000 jiwa terdapat minimal satu unit mobil. Saat ini kita hanya memiliki empat mobil,” katanya. Satu unit mobil minimal ada enam personel.

PMK Wonogiri membutuhkan 24 personel teknis. Saat ini Wonogiri ada 14 personel teknis dan lima non teknis. Edang melaporkan, tahun 2012 lalu ada 42 kasus kebakaran yang tertangani. Satu kasus di wilayah luar Wonogiri, yaitu di Jatiyoso, Karanganyar.[Bagus]

error: Content is protected !!