FK Mitra Wonogiri Bertekad Wakili Jateng Di Tingkat Nasiona

0 51
iga pemain lawak Guyon Waton sedang berlatif Persiapan mengikuti Lomba Forum Komunikasi Media Tradisional Tingkat Nasional | Foto Bagus
iga pemain lawak Guyon Waton sedang berlatif Persiapan mengikuti Lomba Forum Komunikasi Media Tradisional Tingkat Nasional | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Mitra) Kabupaten Wonogiri bertekad ingin mewakili Provinsi Jateng di tingkat Nasional dalam lomba FK Mitra Tingkat Nasional yang akan digelar Mei mendatang di TMII Jakarta.

Upaya yang dilakukan anggota FK Mitra Kabupaten Wonogiri, telah melakukan latihan selama hampir sebulan. Kamis (21/3) FK Mitra Kabupaten Wonogiri menggelar pementasan seni tradisional “Janggleng” di Pendopo Kecamatan Slogohimo.

Malam kemarin, tampak crew FK Mitra Kabupaten Wonogiri tampak latihan bersama. Hadir 10 crew Janggleng. Terdiri dari para pemain ludruk (lawak), teater, dalang, dan para penabuh gamelan. Tampak hadir pula Kepala Desa Slogohimo Joko Bantholo, Kasubdin Kominfo Taryo Dishubkominfo Kabupaten Wonogiri.

Hadir pula ketua FK Mitra Kabupaten Wonogiri Suparmo, dan belasan pekerja seni Kabuapten Wonogiri. Taryo mengemukakan, pementasan Jumat siang (22/3) akan dihadiri oleh tim penilai dari Dishubkominfo Pemprov Jateng.

Tariyo menjelaskan, lomba FK Mitra tingkat Nasional digelar dalam rangka Pekan Informasi Nasional, Kementrian Kominfo menggelar lomba pementasan seni pertunjukan rakyat, atau seni tradisional. Seperti ketoprak, wayang kulit, wayang orang, ludruk, lawak, dagelan dan lain lainnya.

Pesertanya dari Kabupaten/Kota yang telah memiliki Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Mitra). Kabupaten Wonogiri menjadi salah satu dari 12 Kabupaten/Kotamadya se Jawa Tengah yang telah mendirikan FK Mitra sesuai perintah dari Kementrian Kominfo RI. “Kami berharap Wonogiri bisa mewakili Jateng di tingkat Nasional,” kata Taryo.

Dijelaskan, FK Mitra adalah semacam forum yang dibentuk oleh Kementrian Kominfo RI. FK Mitra bisa disamakan “Kelompen Capir” yang ada pada jaman masih ada Departemen Penerangan pada orde baru. FK Mitra adalah media komunikasi melalui tradisional yang dianggap sebagai media efektif untuk menyampaikan pesan yang aktual dan faktual dari bawah ke atas dan sebaliknya.

“Saya bangga, baru 25 hari di Kominfo langsung akselerasi. Tiga pekerjaan sudah kelar. Soal tower, Perda dan FK Mitra. Soal FK Mitra, kami ingin Wonogiri mewakili Jateng. Tema tahun adalah Kebangkitan Nasional. Tentang 4 pilar kebangsaan, kesatuan persatuan, pancasila UU dan NKRI,” ujar Taryo pernuh harap.[Bagus]

error: Content is protected !!