Wuihh Puluhan Ribu Orang Meninggal dan Pindah Didaftar Sebagai Pemilih

0 25
Ketua Panwas Kabupaten Wonogiri Tulus Premana Edy
Ketua Panwas Kabupaten Wonogiri Tulus Premana Edy

infowonogiri.com – WONOGIRI – Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) dan Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Wonogiri berhasil mengumpulkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang tidak memenuhi syarat (TMS). Jumlahnya mencapai 30.366. Wuih.

“Ini hasil temuan anggota kami di lapangan. PPL ada 294 orang, dan Panwascam ada 75 orang. laporan mereka sudah final hari ini, jumlah DP4 yang tidak memenuhi syarat ada 30.366,” kata Ketua Panwas Kabupaten Wonogiri, Tulus Premana Edy, Senin (4/2/13) kemarin.

PPL dan Panwascam berkerja melakukan pengawasan sejak tanggal 6 Januari hingga 4 Februari. Data sebanyak itu diketahui setelah dilakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data DP4. Data tersebut merupakan  pra Data Pemilih Sementara (DPS).

30.366 Ribu Data Pemilih Tidak Memenuhi Syarat

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) juga telah menerjunkan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Demikian juga, Bawaslu Propinsi telah menugaskan jajarannya melakukan pengawasan di lapangan, dengan menerjunkan Panwaskab, Panwascam dan PPL.

Temuan tersebut, diminta agar ditindaklanjuti oleh petugas PPDP. Panwaskab juga telah meneruskan ke Bawaslu Provinsi. Ditambahkan, bawha paling banyak ditemukan orang yang sudah meninggal terdata sebagai calon pemilih.

“Angkanya (orang meninggal) mencapai 15.996 orang, dan pindah alamat namun masih terdata pada alamat lama, mencapai 9967 orang,” beber Tulus didampingi dua anggotanya Sriyanto dan Isnwati Solihah.

Data temuan tersebut belum mencakup seluruh kabupaten. Masalahnya ada empat kecamatan yang sampai Senin sore, belum mengirimkan data ke Panwaskab. Yaitu Kecamatan Selogiri, Purwantoro, Puhpelem dan Jatipurno. Diprediksi jumlah tersebut akan bertambah.[bagus]

error: Content is protected !!