Sosilisasi pelakanaan Ujian Nasional

0 24

sosialisasi ujianinfowonogiri.com – SELOGIRI – Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri menggelar sosialisasi peraturan terbaru tentang pelaskanaan ujian nasional bagi sekolah dasar sampai menengah atas (SD-SMA) berdasarakan undang undang (UU) Nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional.

Pelaksanaan sosialisasi berlangsung setengah hari di gedung PGRI Brumbung Selogiri, Kamis (21/2/13). Sosialisasi diikuti oleh sekitar 300 peserta terdiri dari kepala sekolah SD sampai SMA sederajat, serta Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan se Kabupaten Wonogiri.

Sedangkan pemateri adalah Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili masing masing Kasubdin TK/SD, SMP dan SMA. Salah satu pemateri sekaligus panitia penyelenggara kegiatan itu adalah Suwanto, selaku Kasubdin SMP-SMA.

Suwanto mengemukakan, salah satu materi yang disosilisasikan adalah ujian kesetaran bagi lembaga pendidikan non regular. Atau yang sering disebut ujian kejar paket A, B, C dan D tahun pelajaran 2012/2013.

Dasar pelaksanan ujian nasional (UN) juga dibahas. UN bertujuan menilai pencapaian kompetensi kelulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetauan dan teknologi.

Hal lain adalah kegunaan hasil UN sebagai salah satu pertimbangan untuk pemetaan mutu program dan/satuan pendidikan, dasar seleksi masuk jaringan pendidikan berikutnya, penentu kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan dan dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Pengembangan aturan untuk ujian nasional 2013 diantaranya  untuk menyatukan pelaksanan UN sekolah dengan UN pendidikan kesetaraan. Soal menjadi 20 paket pada setiap ruangan untuk SMP/MTs/SMA/MA/dan SMK.

Peningkatan peran perguruan tinggi dalam pelaksanan  UN SMA/MA/SMK/Program paket C dengan pertimbangan peningkatan kualitas UN. Hasil evaluasi ujian nasional dari masarakat antara lain; kondisi dan kualitas sekolah sangat berfariasi, masukan konstruktif dari masarakat dan pemangku kepentingan.

Serta kriteria kelulusan dari satuan pendidikan harus memperhitungkan hasil ujian sekolah, hasil ujian nasional, penilaian guru, kondisi dan kebutuhan masarakat yang selalu berubah, serta perkembangan iptek. [N420]

error: Content is protected !!