Menpora Hadiri HUT Kota Solo Ke-268

0 32
Menpora Roy Suryo (dua dari kanan) dan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo dalam HUT Kota Solo
Menpora Roy Suryo (dua dari kanan) dan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo dalam HUT Kota Solo

infowonogiri.com – SOLO – Sabtu (16/2/2013) sore tepatnya pukul 15.30 WIB di sepanjang Jalan Slamet Riyadi bak lautan manusia. Pengunjung yang memadati kawasan jalan itu tidak hanya dari Kota Solo saja, namun dari luar Kota Solo pun turut berdatangan untuk menyaksikan Karnaval Wayang dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-268 Kota Solo.

 Karnaval Wayang yang dimulai dari star Lapangan Kota Barat, Jalan Slamet Riyadi hingga depan Balikota Solo itu dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo, dengan mengenakan kostum wayang Setiyaki.

 Selain itu Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo turut ambil bagian dengan memerankan tokoh pewayangan yaitu Werkudara. Dalam kirabnya menuju depan Balaikota Solo itu sekitar 1.500 peserta Karnaval Wayang diturunkan.

Rudi mengatakan, tema Karnaval dalam perayaan HUT ke-268 Kota Solo itu adalah “Wayang Adalah Budaya Bangsaku”. Pantauan di lapangan, ratusan pengunjung memadati Jalan Slamet Riyadi khususnya di depan Plaza Sriwedari. Dalam perayaan itu juga disediakan empat panggung kehormatan.

Pantauan di lapangan, peserta Karnaval Wayang ada 44 terdiri dari 19 SMA/SMK se-Kota Solo di antaranya SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 6, SMAN 7, SMAN 8, SMKN 1, SMKN 4, SMKN 6, SMKN 7, SMKN 8, SMKN 9, SMA Batik 1, SMA Muhammadiyah 1, dan SMA Cokroaminoto. Selain itu, juga ada sejumlah sanggar tari yang ikut berpartisipasi Sanggar Meta Budaya, Pesona Nusantara, Soeya Soemirat, Sarwi Retna Budaya, Wayang Rakyat Magelang, Sanggar Kesenian Ogoh ogoh Manahan dan Nusukan.

 Para pengunjung sempat dibuat heboh dengan adanya kedatangan salah satu artis papan atas asal Ibukota, Peppy. Dia yang kebetulan sedang singgah di Solo, ikut serta meramaikan jalannya prosesi karnaval Wayang di Jalan Slamet Riyadi. Peppy, sempat ikut dalam beberapa rombongan karnaval seperti di rombongan Ogoh-ogoh raksasa dan penari lainnya.(bib)

error: Content is protected !!