Karateka Wonogiri Catat Kejutan di SBY Cup X

0 83
Inkai Wonogiri | Dok
Inkai Wonogiri | Dok

infowonogiri.com – JAKARTA– Karateka andalan Wonogiri, Alifa MIlanisty mencatat lompatan prestasi besar. Atlet binaan perguruan Institut Karate-Do Indonesia (INKAI) Cabang Wonogiri itu meraih satu emas dan satu perak di ajang bergengsi, Kejuaraan Nasional Karate Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Cup X yang dihelat di Gedung Remaja Jakarta Utara, DKI Jakarta, 22-24 Februari lalu.

Ketua Umum INKAI Cabang Wonogiri, Eko Warsito menyebut catatan prestasi Alifa fenomenal. Pasalnya, siswa kelas VII D SMPN 2 Girimarto, Wonogiri itu, baru kali pertama turun di SBY Cup, dan langsung meraih dua medali. Medali emas diperoleh Alifa di nomor spesialisnya, kata (peragaan jurus) perorangan kelas pemula putri. Medali perak diraih di nomor kumite (pertarungan) kelas + 30 kilogram pemula putri.

“SBY Cup adalah even karate bergengsi di Indonesia, kejuaraan tahun ini diikuti 1.600 karateka dari hampir semua perguruan karate yang ada. Alifa meraih dua medali, ini kejutan besar. Apalagi dia meraih satu medali di nomor kata dan satu lagi di nomor kumite, itu sama sekali tidak mudah di even sebesar SBY Cup X,” kata Eko, kemarin (25/2).
Raihan kali ini, imbuh dia, menegaskan posisi Alifa di percaturan karate papan atas di Tanah Air. Sekaligus, menjadi bukti pembinaan karate di Wonogiri bergerak ke arah yang diharapkan. Sebelum turun laga di SBY Cup X, Alifa dan beberapa karateka Wonogiri lainnya juga meraih emas di Kejuaraan Daerah INKAI Danpomdam Cup di Pati, 1-2 Februari lalu.

“Kami, pengurus INKAI dan pelatih karate di Wonogiri bangga, sebab Alifa bisa dikatakan tumbuh menjadi karateka sejati. Dia menguasai kata dan kumite, dua aspek dari beberapa aspek penting di karate dengan sama baiknya. Alifa juga selalu menjadi rangking satu di sekolahnya. Kami mengharapkan dia menjadi motivator bagi karateka muda lain di Wonogiri untuk meraih prestasi serupa,” papar Eko.

Manajer tim INKAI Wonogiri, Maryadi didampingi pelatih dojo prestasi INKAI Wonogiri, Danang Kurniawan, menegaskan  akan terus mengirim Alifa ke even-even karate bergengsi. Untuk menjaga masa depan prestasi karatekanya, Maryadi mengatakan, akan selektif memilihkan even untuk Alifa.

“Alifa harus mencatat prestasi tidak hanya di tingkat nasional, tetapi prestasi internasional. Kami mengharapkan dukungan semua pihak di Wonogiri agar hal itu bisa dicapai,” ungkap Maryadi. Dia yakin dengan dukungan optimal dari semua pihak, prestasi karateka Wonogiri akan semakin moncer. “Saat ini kami lebih banyak melakukan kegiatan dengan swadaya dan swadana, itu saja anak-anak sudah berprestasi. Jika ada dukungan pasti lebih baik,” tegas dia.

Saat ini, karateka INKAI Wonogiri diasah di sejumlah dojo (tempat latihan) pembinaan prestasi yang dipusatkan di beberapa lokasi. Untuk menjaga konsistensi, pembibitan karateka dilakukan melalui pengurus-pengurus ranting di tingkat kecamatan.[Bagus]

error: Content is protected !!