Jatah Beras Untuk Rakyat Miskin Wonogiri 70.569 RTS

0 42
Tanaman pertanian di wilayah Desa Wiroko Kecamatan Tirtomoyo | Foto Bagus
Tanaman pertanian di wilayah Desa Wiroko Kecamatan Tirtomoyo | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Jatah beras untuk rakyat miskin di Kabupaten Wonogiri tahun 2013 ini tidak berubah seperti tahun lalu, yakni 70.569 rumah tangga sasaran (RTS). Di sisi lain jatah raskin secara nasional tahun lalu, menurun. Yaitu berjumlah 17,5 juta. Tahun 2013 ini menjadi 15 juta.

“Kalau di regional Jawa Tengah eks-Surakarta menurunnya rata-rata 16 persen,” ujar Kepala Kantor Ketahan Pangan (KKP) Wonogiri, Safuan. Dari 35 Kota/ Kabupaten se Jateng hanya Kabuapten Wonogiri dan Pemalang yang tidak mengalami penurunan jatah raskin. Kabupaten lain menurun.

Kepastian jatah raskin untuk Kabupaten Wonogiri tidak menurun ditetapkan oleh pemerintah pusat. Harga raskin dijual seharga Rp. 1.600/kg. “Untuk satu RTS dijatah 15 kilogram. Sama seperti tahun lalu,” katanya.

Ketersediaan beras di gudang dolog Wonogiri, sampai saat ini masih aman. Minimal untuk enam bulan kedepan. Selanjutnya, pada bulan berikutnya tidak bisa menjamin stok beras di kota sukses ini. Namun diyakini tetap aman sebab petani telah memasuki panen raya.[Bagus]

error: Content is protected !!