Eromoko Kulon Sentra Buah Empon-Empon dan Sayuran

0 78
Kebun Percontohan Buah Empon-Empon dan Sayuran  | Foto Sugiyarno
Kebun Percontohan Buah Empon-Empon dan Sayuran | Foto Sugiyarno

infowonogiri.com – EROMOKO –  Desa Eromoko Kulon, Kecamatan Eromoko, Wonogiri dicanangkan sebagai sentra empon-empon, buah dan sayur. Pencanangan dilakukan Bupati Wonogiri H. Danar Rahmanto bersamaan dengan bakti sosial Universitas Taruma Negara Jakarta bersama Bank Mandiri, Rabu (20/2) di desa setempat.

Sebanyak 10.000 bibit jahe diberikan oleh Universitas Tarumanegara kepada kelompok tani Desa Eromoko Kidul. Kegiatan ini sebagai implementasi pengabdian masyarakat dalam pelaksaan Tri Darma Perguruan Tinggi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya.

Dipilihnya desa Eromoko kulon sebagai objek baksos bukan tanpa alasan “Semua berawal dari setahun lalu ketika diadakan bersih desa oleh masyarakat perantau yang ada di Jakarta. Bersih desa itu butuh biayanya puluhan juta. Karena itu bagaimana jika dialokasikan untuk pengembangan masyarakat, maka kesejahteraan sosial masyarakat ikut meningkat,” kata Camat Eromoko Drs. Danang Erwanto, S. Sos.

Saat ini, mayoritas warga Eromoko Kidul menanam empon-empon, buah dan sayuran baik dengan memanfaatkan lahan kosong di pekarangan atau di kebun. Hal ini nantinya akan ditindaklanjuti di seluruh Kecamatan Eromoko yang juga diupayakan untuk menanam tanaman serupa. “Nantinya juga mulai diajarkan di sekolah-sekolah teknik pertanian seperti apa. Karena anak-anak sekarang sudah lupa asal usulnya bahwa kita itu mayoritas petani,” lanjutnya.

Sementara Bupati berharap jika produk-produk pertanian dari Eromoko bisa diterima dengan oleh pasar secara makro. Saat ini di Wonogiri, PT. Deltomed yang bergerak di bidang industri obat tradisional yang beroperasi di Wonogiri diharapkan dapat menjadi end user bagi produk rempah-rempah dari petani. “Mumpung ada Pt. Deltomed disini, saya harap bisa jadi end user. Kebutuhan empon-empon perusahaan ini mencapai 500 ton kering. Itu untuk jahe saja, belum untuk empon-empon yang lainnya. Makanya harus kita gandeng agar market-nya terjaga. Nanti kita akan sampaikan ke petani standar kualitas empon-empon agar bisa masuk pabrik seperti apa.”

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan untuk 15 orang di panti jompo, bantuan semen, 6.500 batang bibit tanaman sirsat, dan bibit sayuran. Hadir dalam acara Wakil Bupati Wonogiri Yuli Handoko, SE; Ketua DPRD Wonogiri Wawan Setyo Nugroho, S. Sos; perwakilan Universitas Tarumanegara Drs. Rezi Erdiansyah, M. Si, dan perwakilan Bank Mandiri Pangestu Budi Ariyani, serta perwakilan Pt. Deltomed Wonogiri. [n420]

error: Content is protected !!