Crew Humas Berburu Data dan Foto

0 42

dprd di wgminfowonogiri.com – WONOGIRI – Awak Kasubag Pemberitaan Humas Setda Pemda Wonogiri berburu foto dan fakta. Tampak Esti suci menulis di atas kertas notes.

Di sebelahnya ada juru foto, Gendong tampak memegang kamera. Mereka berdua menumpang perahu mesin milik nelayan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Rabu (13/2/13) kemarin. Awak Humas itu mengikuti Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto menuju ke Kawasan Jaring Apung (KJA) Bendungan Serba Guna WGM Wonogiri.

Bupati mendampingi Komisi B DPRD II Jawa Tengah yang melaksanakan kunjungan kerja di lokasi perairan tawar Wonogiri. Tampak mendampingi pula Kepala Dinas Nakperla Wonogiri Rully Pramono Retno dan Kasi Perikanan dan Kelautan Heru Soetopo.

Komisi B DPRD II Provinsi Jateng terdiri dari Ketua Ir Muh Wasiman, Sekretaris Yahya Haryoko, anggota Subandi Spd, Zaenal, Hari Pramono, Asrorudin Hadi, Nunik Ir MG, Muhammadi Ali Suyono, Husain Malik, Sugeng Prihanto, dan Rif’an.

Sampai di kawasan KJA, rombongaan secara simbolis menaburkan ribuan anak ikan patin seukuran jari tangan orang dewasa. Menurut rencana, pada kesempatan lain, Pemprov Jateng akan memberikan bantuan bibit anakan ikan patin sebanyak 32 ribu ekor. Namun belum diperoleh pasti kapan bantuan diserahkan.

Usai dari kawasan KJA, rombongan mampir ke lokasi pabrik pengolah limbah ikan dari kawasan KJA. Pabrik yang berada di tepi WGM, memproduksi tepung dari limbah ikan yang mati. Produksi tepung ikan mampu mencapai 4-5 kuwintal perhari. Tepung hasil tulang duri dan sisik ikan nila dan tulang ikan patin itu, dijual ke berbagai daerah.

Tepung dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran pakan ikan. Teorinya, tepung ikan dicampur dengan katul/dedak, atau dengan bahan lain dengan komposisi 30-40 persen tepung ikan dicampur dengan bahan lain 60-70 persen. Harga jual tepung ikan eceran Rp.7 ribu perkilogram.

Sedangkan harga borongan lebih murah, yakni Rp.6 ribu perkilogram. Rully mengatakan bahwa pabrik tepung ikan itu milik kelompk nelayan Wonogiri. Jumlah nelayan Wonogiri saat ini ada sebanyak 55 kelompok. Rata rata perkelompok beranggotakan 33 orang nelayan.[bagus]

error: Content is protected !!