Bendung Dampak Negatif Globalisasi Pejabat Wonogiri Gelar Penyuluhan

0 18
Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto menyalami pelajar SMPN 1 Wonogiri saat mengungjungi sekolah tersebut | Foto Bagus
Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto menyalami pelajar SMPN 1 Wonogiri saat mengungjungi sekolah tersebut | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Sejak sepekan ini, jajaran pejabat Muspida Kabupaten Wonogiri mengadakan kegiatan penyuluhan ke sekolah-sekolah. Tujuannya tidak lain dalam rangka meningkatkan jiwa nasionalisme dan mental spiritual pelajar dalam menghadapi era globalisasi. Tujuan lain, agar anak anak didik cerdas memilih informasi yang baik dan menolak yang tidak baik bagi dirinya.

Kabag Humas Setda Pemda Wonogiri, Waluyo, S.Sos, MM, Jumat (22/2) , mengemukakan, kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai wujud peran serta pemerintah dalam mengatasi maraknya permasalahan sosial di kalangan remaja khususnya anak sekolah akibat dari semakin berkembangnya teknologi. Karena itu Bupati H Danar Rahmanto mengajak semua pejabat Muspida di Wonogiri.

Antara lain Kapolres yang baru AKBP Tanty Septiyani, Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Murdjoko, Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri Saprudin SH.MH dan Kajari Wonogiri Muhaji SH.MH serta Ketua DPRD Wonogiri Wawan Setya Nugroho SSos MM. Tujuan lain pelajar juga mengenal tugas dan tanggungjawab pejabat Muspida.

Rangkaian acara penyuluhan, digelar  dari sekolah ke sekolah. Diawali dari sekolah SMP-SMA di Wonogiri Kota, kemudian dilanjutkan di Kota Kecamatan. Kegiatan dikemas upacara berdera, pemeriksaan ruang kelas dan tas sekolah serta bawaannya, termasuk di dalamnya adalah pemeriksaan HP. Selain jajaran dari Muspida, turut Linmas, Dishubkominfo.

“Kami bekerja sama juga dengan guru BP sekolah masing-masing. Memang Bupati turut memeriksa langsung isi HP dan Laptop anak anak. Tujuannya untuk menyaring informasi yang sebaiknya disimpan maupun tidak,” kata Waluyo. Harapannya siswa supaya membiasakan memilah informasi yang baik dan yang buruk.

“Arus globalisasi sudah kian besar menerpa kita, satu-satunya yang bisa menghambat dampak negatifnya globalisasi informasi adalah diri kita sendiri, jangan sampai kehidupan kita dirusak oleh informasi yang tidak baik,” terang Bupati H Danar Rahmanto saat memberikan amanah pada upacara bendera di SMA Negeri 1 Sidoharjo, kemarin.

Bupati berharap agar para siswa berhati-hati dengan informasi yang belum pantas diterima oleh mereka. Kepada pihak sekolah juga diharapkan untuk bisa lebih mengarahkan kegiatan pembelajaran kebangsaan guna mencapai hakikat tujuan pendidikan yang sebenarnya yaitu turut mencerdaskan bangsa dengan tidak hanya meningkatkan kecerdasan intelektual namun juga kecerdasan spiritual.

“Suatu sekolah dikatakan berhasil apabila situasi sekolah ini kondusif saling membutuhkan, adanya guru yang baik yang mampu memberikan inspirasi dan adanya guru yang bijaksana yang mampu memberikan kebahagiaan. Oleh karena itu saya berharap selain kecerdasan intelektual juga kecerdasan spiritual harus diasah sehingga siswa mampu membuat ide-ide baru bukan hanya sekedar mengulang-ulang pelajaran yang terdahulu,” pesannya.
Lebih lanjut, Kabag Humas menyampaikan bahwa selain di SMAN 1 Sidoharjo acara yang sama juga dilaksanakan di SMAN 1 Baturetno, SMAN 1 Slogohimo dan SMAN 1 Pracimantoro. Seminggu sebelumnya dilaksanakan di SMK Pancasila 1 Wonogiri, SMAN 3 Wonogiri, SMPN 2 Ngadirojo dan SMPN 7 Wonogiri.[Bagus]

error: Content is protected !!