Waspada : Pohon Turus Jalan Keropos, Rawan Tumbang

0 34
Pohon Turus Jalan Keropos Rawan Tumbang
Pohon Turus Jalan Keropos Rawan Tumbang

infowonogiri.com – SELOGIRI – Di tepi Jl Raya Selogiri – Sukoharjo, tepatnya di sisi timur jalan bulak persawahan terdapat pohon turus jalan yang rawan tumbang. Pasalnya pohon tersebut sudah dalam kondisi keropos pada pangkalnya.

Pohon mahoni itu berukuran cukup besar. Sekira sepelukan orang dewasa, atau sekira diameter satu meter (100 cm). Pohon tersebut memiliki ketinggian kurang lebih 8 meter. Posisi pohon tersebut dekat pertigaan jalan raya dengan jalan menuju Dusun Kenangan Desa Gemantar, dan berdekatan dengan warung “Soto Sawah” di sisi barat Jalan Wonogiri-Solo.

Penyebab keroposnya pohon tersebut patut diduga disebabkan karena terbakar atau sengaja dibakar pada pangkalnya. Bisa jadi pangkal pohon tersebut digunakan untuk membakar sampah atau rumput pada musim kemarau. Tampak kekeroposan pangkal pohon tersebut sudah lebih dari separo lingkaran pohon. Tampak dari dekat, pohon tersebut gerowong sampai ke akar-akarnya, dan menggerogoti bagian dalam pohon.

Jika dilihat dari barat pohon atau dari jalan raya, kekeroposan pohon tersebut tidak tampak. Namun jika dilihat dari sisi timur, maka akan tampak jelas. Dikhawatirkan jika pohon tersebut roboh bisa mengancam keselamatan pengguna jalan.

Turun jalan adalah tanggung jawab pemerintah daerah setempat. Sekedar mengingatkan di Solo pernah terjadi pengendara motor tertimpa pohon roboh diakibatkan angin kencang dan hujan. Saat ini di Wonogiri sering terjadi hujan lebat dan angin kencang. Pengguna jalan diharap berhati-hati dan waspada.[[email protected]]

error: Content is protected !!